Macam-macam Alat Musik Petik Modern dan Tradisional

Alat musik petik – Pada artikel kali ini saya akan menulis tentang alat musik petik. Saya tulis khusus buat sahabat oddav yang memang hobi musik atau yang sedang mempelajari ilmu musik. Terdapat beberapa contoh alat musik petik tradisional dan modern, gitar, alat musik petik gambus. selengkapnya saya akan bahas dibawah ini.

Tahu gak sih sebenarnya ada beberapa jenis alat musik?. Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan bahwa terdapat berbagai macam jenis alat musik. Diantaranya yaitu alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik pukul, dan alat musik tekan.

Sebelum melanjutkan membaca keparagraf selanjutnya marilah kita untuk berdoa dahulu dengan membaca Bismillah. Agar pelajar yang didapat menjadi lebih berkah.

Terdapat dua jenis alat musik petik. Yaitu alat musik tradisional dan ada yang modern. Saking banyaknya instrument musik yang ada di dunia sehingga saya belum bisa menuliskan secara lengkap. Akan tetapi saya akan menuliskan sesuai dengan apa yang saya ketahui saja.

Para pembuat instrument petik ditujukan agar apa yang telah dibuatnya dapat menghasilkan suatu bunyi nada yang harmonis sehingga dapat dipadukan dengan instrument yang lainnya maupun dapat digunakan secara solo.

Banyaknya instrument petik tersebut membuat keberagaman bentuk, cara menggunakan, maupun, asal pembuatannya yang berbeda. Serta dari suara bunyi yang dihasilkannya juga berbeda-beda.

Maka, karena itulah kita sebagai salah sagenarasi penerus harus tetap belajar untuk melestarikan kesenian musik Indonesia harus mengetahui berbagai contoh alat musik. Sebenarnya terdapat banyak alat musik khas Indonesia seperti alat musik yang dimainkan di tiup dan ada pula alat musik berjenis ritmis.

Berikut ini pengertian dari alat musik petik dan berbagai contohnya:

Pengertian Alat Musik Petik

pengertian alat musik petik
Sumber: senibudayaku.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa di dunia ini mempunyai banyak jenis-jenis alat musik petik. Sehingga bunyi yang dikeluarkan dan cara memainkannya juga berbeda.

Pengertian dari alat musik petik itu sendiri adalah sebuah jenis instrument musik yang dapat mengeluarkan bunyi jika dimainkan dengan cara dipetik.

Ciri yang sama dari alat musik yang ada di dunia ini adalah terdapatnya sebuah senar atau dawai. Senar dipasang pada alat yang berfungsi untuk dipetik sehingga dapat mengeluarkan suatu bunyi.

Akan tetapi ada yang harus kalian pahami. Bahwa ada juga alat musik yang mempunyai senar dan tidak masuk kedalam kategori alat musik petik. Hal tersebut karena cara memainkannya yang berbeda.

Seperti pada alat musik biola dan violin yang mempunyai senar yang cara memainkannya adalah dengan digesek. Kedua instrument tersebut masuk dalam kategori alat musik gesek.

Terdapat alat musik petik yang masih populer di dunia hingga saat ini, ialah instrument gitar. Gitar sangat disukai oleh para pecinta dan pelaku seniman musik petik, entah karena apa. Padahal selain gitar juga banyak instrument musik petik lainnya mulai dari instrument petik tradisional sampai ke modern.

Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

alat musik petik tradisional dan modern
Sumber: infokekinian.com

Macam-macam instrument musik petik yang ada di dunia ini. Sebagian diantaranya ada karena peninggalan nenek moyang, dan ada karena upgrade sebuah alat hasil dari perkembangan sebuah teknologi.

Kedua jenis tradisional dan modern tersebut memiliki perbedaan dari bahan, bentuk, bunyi, dan cara memainkannya.

Berikut ini adalah berbagai jenis contoh alat musik petik:

Baca Juga : Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional

Ukulele

alat musik petik ukulele
Sumber: long-mcquade.com

Ukulele dijadikan oleh pelaku musik sebagai instrumen utama pada musik keroncong. Memiliki bunyi suara yang khas dan gambar memainkannya menjadi asalan utama alat ini dimainkan pada band indie, keroncong, maupun, band yang lainnya seperti budi doremi, sucahyo, payung teduh.

Berdasarkan sejarahnya alat ini berasal dari negara Hawai. Bentuknya mirip sekali dengan gitar namun ukurannya instrumen ini mini atau kecil.

Ukuran terbesar alat ukulele ini adalah 30 inchi yang disebut sebagai baritone dan yang lainnya 21 inchi (soprano), 23 inc (concert, dan 26 inc (tenor).

Banyak orang yang menjadi juara pada kompetisi-kompetisi bergengsi hanya dengan menggunakan ukulele. Seperti Grace Vanderwall yang memnangkan kompetisi musik bergengsi amerika.

Bisa dibilang juga ukulele memiliki suara yang cabe rawit. Meskipun ukurannya yang mini namun suaranya sangat indah.

Cara memainkan alat ukulele adalah dengan menggunakan sebuah kunci. Seperti kebanyakan umumnya alat musik yang mempunyai senar pasti ada kunci-kuncinya.

Berarti kalian dalam memainkan alat musik ukulele ini harus mengetahuio kuncinya dahulu. Posisi tangan saat memainkan alat ini adalah tangan kiri diletakkan pada leher ukulele membentuk sebuah kunci dan tangan kanannya digunakan untuk memetik senar.

Shamisen

Alat musik petik shamisen
Sumber: bachido.com

Instrument musik shamisen adalah alat musik petik yang mempunyai 3 buah senar atau dawai. Alat khas ini berasal dari negara jepang

Dawai atau senar tersebut mempunyai bahan material sutera yang dipilin-pilin. Hal yang seperti inilah menjadi pembeda antara senar gitar dengan senar shamisen.

Instrument ini dimainkan dengan menggunakan bachi. Terdapat tiga bagian utama diantaranya adalah sao (leher), do (badan), itomoki (pasak).

Sebenarnya jika alat musik shamisen yang asli dibagian tubuhnya terdapat kulit kucing betina atau kulit punggungnya anjing.

Akan tetapi semakin berkembangnya teknologi. Shamisen dibuat dari bahan plastik.

Sasando

alat musik petik sasando
Sumber: negerikuindonesia.com

Sasando mempunyai Bentuk alat yang berbeda dari lainnya. Sehingga dapat kita kenali dengan mudah. Sasando juga merupakan alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur.

Harmonika bunyi yang dikeluarkan dari petikan sasando mempunyai bunyi yang unik, khas dan berbeda dengan alat musik petik yang lainnya.

Berdasarkan jenisnya sasando ditentukan oleh banyaknya senar yang terpasang. Misalnya jenis Engkel mempunyai 28 senar dan pada jenis dobel yang mempunyai 56 senar.

Semakin kemajuan teknologi yang pesan. Banyak pengrajin sasando membuat secara elektonisasi.

Suku daerah di NTT menggunakan alat musik sasando ketika ada acara adat. Namun, bisa juga dimainkan pada konser secara tunggal.

Alat Musik Petik – Harpa

alat musik petik harpa
Sumber: aliexpress.com

Alat musik petik yang mempunyai umur tua salah satunya adalah harpa. Harpa merupakan alat musik yang mempunyai bentuk besar membentuk segitiga juga berwarna emas, dan terdapat senar.

Banyaknya senar yang ada pada harpa adalah 22-47 senar. Jika dilihat dari bentuknya, alat ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu Neck, String, dan Board.

Cara memainkan alat ini sangat mudah karena kalian tinggal menghafalkan kunci-kuncinya saja. Biasanya harpa ini dimainkan pada konser-konser tunggal.

Menurut sejarahnya awalnya senar atau dawai pada harpa ini terbuat dari tanaman-tanaman yang dikeringkan atau rambut yang dipilin-pilin.

Alat Musik Petik – Gitar

alat musik petik gitar
Sumber: MyDukkan.com

Gitar sangat terkenal dikalangan remaja. Mungkin karena bentuknya yang simpel dan cara memainkannya yang muda. Begitu juga dengan varian harga produknya yang pas dikantong.

Secara umum harpa keseluruhan terbuat dari kayu kecuali alat peraturan pada senarnya. Standar gitar umumnya memiliki 6 utas senar yang masing-masing senar mempunyai bentuk yang berbeda. Sehingga kalau dimainkan akan menghasilkan suara yang harmonis.

Gitar terbagi macamnya menjadi dua, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Perbedaan disini adalah pada penggunakan sistem elektronisasi dan bunyinya saja.

Alat Musik Petik – Hasapi

alat musik petik hasapi
Sumber: alatmusikindonesia.com

Adalah sebuah alat seni musik yang berasal dari daerah Batak Toba, atau masyarakat sekitar sering menyebut alat ini dengan nama kecapi batak. Hasapi memiliki sentuk yang sama dengan alat musik kecapi Jawa Barat.

Pembeda dari kecari batak dengan yang lainnya adalah pada ukuran, ukiran, dawai serta penggunaannya. Penggunaan hasapi ini hanya dimainkan pada acara musik di pernikahan.

Hasapi mempunyai dua jenis yaitu hasapi doal dan hasapi Ende. Alat ni termasuk alat musik ritmis yang tidak mempunyai tangga nada. Sehingga tidak semua orang dapat memainkannya.

Bahan dasar dari hasapi ini adalah kayu ijor yang tumbuh pada piunggiran danau Toba.

Alat Musik Petik – Harp Guitar

alat musik petik harp gitar
Sumber: harpguitarmusic.com

Disebut juga dengan nama gitar harpa. Kenapa dinamakan gitar harpa?, karena alat ini tergabung dari dua alat sekaligus. Namun dibuat dengan bentuk seperti gitar. Harpa berada pada posisi bagian atas senar gitar.

Berdasarkan jenisnya alat musik ini terdiri dari dua jenis yaitu akustik dan elektrik. Cara memainkan harp musik ini sama dengan memainkan gitar yaitu dipetik dengan sistem kunci nada.

Biasanya bagi pemain pemula merasa kesulitan dalam menggunakannya karena alat ini terdiri dari dua alat. Sangat diperlukan kefokusan dan keterampilan dalam memetiknya.

Bagi seorang profesional cukup memainkan harp gitar ini secara tunggal. Akan tetapi bagi para pemula memainkannya berdua.

Alat Musik Petik – Banjo

alat musik petik banjo
Sumber: deanguitars.com

Bentuk dari alat musik banjo sangat mirip dengan shamisen dan yang membedakannya adalah pada senarnya. Senar yang dimiliki oleh banjo sebanyak 4-6 yang memilik karakter senar yang berbeda-beda.

Banjo sangat terkenal di Amerika, disana banjo sering digunakan dalam acara musik bengenre country – flok.

Alat Musik Petik – Gayageum

alat musik petik gayageum
Sumber: ebayimg.com

Gayageum merupakan alat musik yang memiliki bentuk seperti kecapi. Terpasang 12 jenis senar yang terpasang didalamnya.

Gayageum merupakan suatu alat musik tradisional korea yang mempunyai 2 jenis bunyi ytang di keluarkan, yaitu jeongak dan sanjo.

Acara senim musik orkestra sering menggunakan gayageum bunyi jeongak. Sedangkan pada musik tunggalnya memakai bunyi sanjo.

Alat Musik Petik – Dan Bau 

alat musik petik dan bao
Sumber: ethnictune.com

Merupaka alat musik dawai tradisional masyarakat vietnam. Dan bau memiliki satu kunci dan satu cord nada.

Dan bau terbuat dari empat bagian yaitu  balok kayu, setengah batok kelapa, dan tabung bambu. Semakin berkembangnya kemajuan teknologi, dan bau dibuat semodern mungkin. Sehingga dan bau modern bentuk dan bahannya hampir tidak seperti dan bau tradisional.

Alat Musik Petik – Sampek

alat musik sampek
Sumber: hidupsimpel.com

Alat musik dawai tradisional berikut ini berasal dari suku dayak alatnya terbuat dari bahan kayu kapur, kayu arrow, dan kayu ulin.

Berdasarkan senarnya. Instrumen dawai ini memiliki 3-6 senar yang masik-masing senarnya mempunyai bunyi yang beda.

Alat musik dawai ini sering digunakan oleh masyarakat dayak pada kegiatan upacara adat dayak dalam mengiringi sebuah tarian maupun proses upacaranya.

Sampek dapat dimainkan secara solo ataupun bersamaan kelompok.

Alat Musik Petik – Pipa

alat musik petik pipa
Sumber: dreamstime.com

Pipa merupakan sebuah alat musik tradisional berbentuk buah pir yang hanya memiliki 4 – 5 dawai yang terpasang pada alatnya.

Alat musik dawai tersebut berasal dari tionghoa. Sudah ada sejak jaman dinasti Qin.

Pada jaman dinasti tang, pipa ini sering dimainkan pada acara kerajaan. Terdapa 12 nada bunyi nada yang dapat dimainkan pada instrument tersebut.

Dari banyaknya nada yang ada pada pipa telah menjadi keharmonisan sendiri bagi pipa tersebut jika dimainkannya dengan indah.

Semakin majunya perkembangan teknologi, pipa yang dulunya sangat tradisional di rubah menjadi pipa yang lebih modern baik dari bentuk, cara memainkan, dan jumlah fretnya.

Alat Musik Petik – Kecapi

alat seni musik kecapi
Sumber: akibanation.com

Kecapai merupakan instrument musik dawai yang berasal dari tanah sunda Jawa Barat. Jumlah senar atau dawai yang dimiliki oleh alat ini sekitar 15 -20 buah.

Alat musik tersebut mempunyai dua bentuk yaitu kecapi siter, dan kecapi perahu. Kecapi ini sangat terkenal di masyarakat jawa karena mempunyi keunikan nada bunyi, dan menjadi alat musik khas daerahnya.

Kecapi mempunyai dua fungsi yang berbeda, yang pertama kecapi indung memiliki ukuran yang lebih besar. Kedua adalah kecapi ricik yang mempunyai ukuran lebih kecil dari kecapi induk. Keduanya itu memiliki cara memainkan yang berbeda-beda, ada yang dimainkan dengan cara dijeungkalan dan ada yang dimainkan dengan teknik sintreuk toel.

Alat Musik Petik – Gambus

alat seni musik petik gambus
Sumber: pinimg.com

Alat musik dawai yang merupakan alat musik khas dari Jawa Timur. Dahulunya gambus digunakan untuk mengiringi acara tarian zapin. Akan tetapi semakin berkembangnya budaya, gambus sering dimainkan dalam acara seni musik islami dan dikombinasikan dengan band.

Alat musik dawai gambus juga sudah terkenal pada masyarakat melayu. Gambus pada masyarakat melayu memiliki fungsi mewarnai musik melayu, memberikan kesan islami, kesan keislaman timur tengah.

Alat Musik Petik – Popondi

alat musik petik popondi
Sumber: huma.or.id

Popondi sering disebut juga dengan nama talindo.Terdiri dari tiga bagian, diantaranya adalah tempurug kelapa, kayu, dan senar.

Adapun fungsi dari ketiga bagian tersebut adalah tempurung kelapa digunakan untuk senator, senar untuk menghasilkan bunyi nada, dan kayunya digunakan sebagai bahan dasar alat tersebut.

Leko Boko

alat musik petik leko
Sumber: fatahlovers.blogspot.co.id

Leko Boko disebut juga sebagai juk atau bijol. Merupakan instrumen musik tradisional yang berasal dari daerah maluku, dan NTT. Alat ini sering digunakan pada acara-acara adat dan hiburan masyaratakat.

Leko secara umum mempunyai 4 senar. Bahan yang digunakan untuk membuat leko adalah labu hutan asli, dan senar yang terbuat dari pilinan kayu.

Alat musik dawai juga sering digunakan pada acara seni musik bambu hitada.

Panting

alat seni musik petik panting
Sumber: alatmusik.org

Panting diambil dari nama kesenian yang ada di Kalimantan Selatan yang pada akhirnya digunakan pada nama alat musik dawai. Tepatnya panting berasal dari suku banjar Kalimantan Selatan.

Berdasarkan bentuknya, pantik menyerupai alat musik gambus timur tengah, namun ukuran panting lebih kecil dari pada gambus.

Terdapat beberapa senar yang terpasang. Digunakan untuk mengatur bunyi dan harmonika nada. Cara memainkan panting adalah sama dengan memainkan alat musik gitar, yaitu dengan cara dipetik.

Panting sering digunakan pada acara kegiatan adat dalam mengiringi sebuah tarian. Biasanya terdapat 3 orang yang menggunakan panting dalam mengiringi tarian.

Selain digunakan untuk acara tarian, panting juga digunakan pada acara hiburan masyarakat, seperti perkawinan, pendidikan, dan lain-lainnya.

Panting juga masuk dalam alat musik kategori ansambel campuran.

Knobe Khabetas NTT

alat musik petik knobe
Sumber: bamboo.ichsany.com

Merupakan alat musik dawai khas masyarakat Dawa provinsi Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini sudah ada sejak pendahulunya.

Knobe dimainkan untuk mengawasi hewan ternak, dan ketika berkebun.

Bentuk yang dimiliki oleh knobe menyerupai busur panah. Cara memainkan alat knobe ini adalah dengan menempelkan salah satu bagian busur antara bibir dan ditutupnya dengan mulut. Saat bersaman pula tali busur dipetik dengan jari.

Secara umumnya alat musik knobe digunkan untuk sebagai sarana hiburan untuk penghilang rasa bosan.

Selain sebagai sarana hiburan, knobe juga digunakan untuk acara adat masyarakat.Seperti upacara bayi yang baru lahir, yang tidak boleh keluar Rumah selama 40 hari.

Dimba Nggowuna

alat seni musik petik dimba
Sumber: alatmusikindonesia.com

Dimba adalah sebuah alat musik yang terbuat dari bahan rotan ataupun bambu. Alat ini pada dahulu sering dimainkan oleh pekerja tenun kain perempuan sebagai hiburan saja.

Cara memainkan alat ini adalah denga memetik dawainya. Setiap dawai mempunyai bunyi suara yang berbeda-beda. Ukuran yang dimiliki oleh Dimba ini berkisar 40-45 cm.

Japen

alat musik peting japen
Sumber: masterpendidikan.com

Berikutnya adalah alat musik petik Japen. Instrument ini mempunyai nada petik yang unik. Karena bentuknya yang menyerupai gitar namun bunyi yang dihasilkannya seperti kecapi.

Japen merupakan alat musik petik tradisional Kalimantan Tengah yang sangat populer dimasyarakatnya.

Japen membentuk seperti gitar yang pada badannya terdapat asesoris khas Kalimantan Tengah.

Bunyi suara yang dikeluarkan oleh japen mempunyai irama khas thionghoa dan melayu.

Jantreng

alat musik petik jentreng
Sumber: alatmusikindonesia.com

Instrument jentreng mempunyai bentuk yang menyerupai kecapi dengan tujuh buah dawai. Jentreng memiliki ukuran lebih kecil dari pada kecapi.

Bahan yang biasa untuk digunakan membuat jentreng adalah kayu nangka dan kayu kenanga.

Cara memainkan jentreng adalah dengan menggunakan jari yang pmana jari tengah, telunjuk, dan ibu jari tangan kiri digunakan untuk memetik setar yang bernada tinggi. Sedangkan selunjuk jari yang ada pada tangan kanan digunakan untuk nada rendah.

Jantreng mempunyai urutan tangga nada dari yang tinggi 5 sampai yang rendah 1 itu jika memakai setelan senar laras pelog. Namun jika memakai setelan senar laras salendro urutan nadanya menjadi 4 – 1.

Masyarakat sering menyebut jantreng dengan istilah tarawangsa, memang keberadaan alat tersebut sudah sulit untuk kita temukan. Tapi jika ada orang yang memainkan alat ini maka dapat menarik penonton yang banyak karena jantreng memiliki bunyi nada yang indah.

Demikian artikel yang dapat saya buat. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Comment

%d bloggers like this: