Pengertian dan Contoh Alat Musik Ritmis

Jenis alat musik ritmis – Assalamu’alaikum sahabat oddav sebelum membaca artikel ini marilah kita membaca Bismillah dahulu. Saya akan membahas alat musik ritmis baik yang modern maupun tradisional.

Musik adalah suatu perihal yang bisa membuat anda lebih tenang, lebih semangat, bahkan dapat membuat anda susah menghafal khukusnya menghafal Al-Qur’an.

Dari segi pandang yang lain musik juga termasuk penghibur saat kita melakukan berbagai aktifitas. Selain itu musik juga dapat menenangkan pikiran seperti dengan contoh musik relakasi.

Alat musik didalam dunia permusikan memiliki berbagai macam jenis seperti alat musik petik, alat musik tiup, dan masih banyak lainnya. Untuk sekarang saya akan menulis artikel yang membahas tentang alat musik ritmis. Sebelum masuk kepembahasan saya akan membahas tentang apa itu musik.

Musik merupakan suara yang keluar dari suatu alat yang tersusun secara satu kesatuan sehingga menghasilkan suatu lagu, irama, atau keharmonisan.

Secara umumnya kita kenal musik itu sebuah intuisi, untuk membuat, memperbaiki yang dipersembahkan dalam suatu karya seni khususnya seni musik.

Menurut ahli sains psikologi manusia dapat merasa tenang jika mendengarkan musik yang dikeluarkan oleh alat tertentu yang menghasilkan irama ketenangan.

Pengertian Alat Musik Ritmis

alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki
Sumber: rumahmusikjkt.blogspot.com

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak mempunyai nada dan hanya menciptakan alunan irama sebagai pelengkap atau pengiring lagu.

Secara teknis, cara memainkan alat musik ini adalah dengan goyang-goyangkan atau dikocok, bisa juga dipukul maupun digesek.

Fungsi musik ritmis ini dapat digunakan sebagai alat pengatur sebuah tempo lagu. Tempo pada suatu lagu berpengaruh terhadap alunan irama.

Sehingga temponya tidak sesuai akan membuat suara lagu akan tidak enak di dengar oleh telinga kita.

Ritmis memiliki sebuah variasi bunyi yang dapat kita atur dari seberapa keras dan lembutnya ketika memukul, menggoyang, maupun menggesek terhadap alat tersebut.

Menurut ahli psikologi Dr. Ali Zadeh Muhammadi, beliau sudah melakukan riset dan penelitian mengenai terapi musik. Telah mengatakan bahwa selain jenis suatu musik itu memiliki peranan penting begitu juga dengan alat musik.

Beliau juga mengatakan untuk terapi musik awal adalah memulainya dengan menggunakan alat musik ritmis pukul.

Anak-anak yang mempunyai kekurangan mental dengan diajarkan alat musik ini akan cepat mudah memahaminya dibandingkan dengan alat musik berkunci seperti gitar.

Yang diajarkan pertama adalah dengan instrumen nada-nada yang sederhana yang dapat dengan mudah untuk dimainkan.

Dengan demikian mereka yang kekurangan mental akan dapat mudah untuk membentuk suatu jalinan hubungan.

Terakhir beliau juga mengatakan alat musik ini memberikan pengaruh positif terhadap hidupnya para penyandang tuna netra.

Alat musik ritmis ini terbagi menjadi dua kelompok besar. Pertama adalah alat musik ritmis tradisional, dan yang kedua adalah alat musik ritmis modern.

Beberapa contoh dari masing-masing kelompok alat musik ritmis ini berbeda-beda. Berikut ini adalah sebuah macam-macam contoh dari berbagai alat musik ritmis.

Alat Musik Ritmis Jenis Tradisional

20 alat musik ritmis alat musik melodis tradisional
Sumber: alatmusikindonesia.com

Alat musik tradisional ini merupakan alat yang sudah ada sejak dahulu yang sering dimainkan pada kalangan masyarakat tradisional.

Sistem memainkannya adalah dengan mengiringi lagu-lagu daerahnya sendiri. Seperti para santri dahulu bahkan sampai sekarang masih menggunakan alat musik gendang untuk memainkan sebuah khasidah.

Berikut ini adalah contoh-contoh dari alat ritmis tradisional.

Alat Musik Ritmis Gendang

gambar alat musik marakas contoh alat musik ritmis melodis dan harmonis beserta gambarnya fungsi alat musik ritmis
Sumber: tekoneko.net

Gendang merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa. Namun, biasa juga kita sebut juga dengan kata kendhang.

Gendang merupakan salah satu dari alat musik ritmis yang secara tradisional sering digunakan saat melakukan upacara adat maupun pentas seni musik. Gendang juga disebut pengiring alat musik gamelan jawa barat dan jawa tengah.

Baik sunda maupun jawa sama-sama mengunakan alat musik gendang sebagai instrumen musik.

Pengiring alat musik gamelan ini biasarnya dilakukan ketika acara pertunjukan seni pewayangan, tari jaipong, campur sari, maupun penari sinden.

Secara fungsinya gendang mempunyai fungsi utama sebagai pengatur tempo lagu. Sehingga suara musik yang dikeluarkan akan tetap konstan dan teratur.

Adapun cara memainkan instrumen gendang ini adalah dengan cara dipukul.

Gendang memiliki beberapa varian ukuran maupun jenisnya begitu penamaannya yang disesuaikan dengan ukurannya.

Gendang yang mempunyai ukuran kecil disebut juga dengan nama ketipung. Ketipung ini mempunyai pasangan gendangnya yaitu gendang yang berukuran besar disebut dengan nama gendang gede atau disebut juga dengan gendang populer.

Sedangkan untuk ukuran gendang yang medium disebut dengan nama ciblon atau gendang kebar.

Karakter irama halus seperti gendhing ketuk, ladrang, dan ketawang dimiliki oleh alat musik gendang gede ini. Bisa kita mainkan gendang gede ini dengan ritme yang cepat namun suaranya tetp halus dan enak untuk didengar.

Ritme cepat ini biasanya dilakukan pada saat lagu ladrang dengan sistem irama lancaran dan tanggung.

Jenis gendang yang terakhir adalah gendang kosek. Gendang kosek ini biasa dimainkan pada sistem pewayangan.

Bahan yang digunakan untuk membuat gendang adalah kayu cempedak, kelapa, kayu mahoni, dan kayu nangka.

Adapun kayu yang paling berkualitas adalah kayu mahoni. Sedangkan bagian yang untuk dipukul-pukulnya terbuat dari kulit sapi maupun kulit kambing yang sudah dikeringkan.

Baca Juga: Alat Musik Tiup Modern dan Tradisional

Alat Musik Ritmis Tifa

alat musik ritmis dan asal daerahnya contoh alat musik ritmis dan melodis
Sumber: negerikuindonesia.com

Alat musik ritmis selanjutnya adalah tifa. Tifa merupakan alat musik yang hampir mirip dengan gendang dengan fungsinya yang sama yaitu pengatur ritme.

Alat musik tifa ini bersal dari daerah maluku dan papua. Bentuk alat ini berbeda dengan gendang, namun bahan untuk membuat itu sama yaitu dari kayu dan kulit kerbau.

Tifa ini biasa digunakan oleh masyarakat papua dan maluku dalam ritual upacara adat.

Cara untuk memainkan alat musing ini sama dengan gendang. Cukup dengan memukul iramanya sudah mulai terdengar. Alat ini sering juga digunakan sebagai pengiri tarian adat.

Alat Musik Ritmis Rebana

Alat musik rebana
Sumber: tekoneko.net

Rebana sering kita temui pada setiap acara perkusi di pentas seni. Rebana juga sering disebut sebagai alat musik tamborin. Memiliki bentuk yang ringkas dan simpel sehingga dapat dengan mudah untuk dibawa kemanapun.

Secara fisik bentuknya itu pipih, bundar, serta ringan karena bingkainya terbuat dari kayu sehingga kita sangat mudah untuk memainkan dan membawanya.

Alat musik rebana ini mempunyai dua varian bunyi sekaligus ketika kita memainkannya. Pertama pada saat kita goyangkan rebana maka akan keluar suara dari lempengan logam yang ada pada sisi-sisi bingkainya.

Kedua jika kita memainkannya dengan memukul maka akan keluar dua bunyi suara. Yaitu suara lempengan besi yang bertubrukan dan suara pukulan kulit kerbau maupun kulit sapi.

Berdasarkan sejarah bahwa pada awalnya rebana ini bersal dari negara eropa yang disebut dengan alat musik tamborin.

Alat musik rebana juga mempunyai kemiripan dengan alat musik diberbagai negara seperti pada negara di asia tengah, peru, india, tiongkok, dan greenland.

Sepertti pada sekelompok pemusik turki mempunyai sebutan khusus terhadap alat musik yang sejenis ini yaitu dengan sebutan janissaries.

Namun dengan semakin berkembangnya alat musik modern. Maka tamborin termasuk kedalam alat musik modern.

Alat Musik Ritmis Konga

Alat musik ritmis kongo
Sumber: hanyaberbagi.com

Sepintas konga terlihat seperti nama suatu negara. Namun, kongfa disini adalah sebuah alat musik yang tebuat dari bahan kayu dan kulit domba.

Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan memukulnya. Dari segi bentuknya konga ini memanjang yang dapat didirikan dengan sebuah besi penyangga dan ketima memainkannya cukup dengan berdiri.

Teknis untuk memainkan alat musik ini adalah dengan memukulnya menggunakan kedua tangan tanpa alat pemukul.

Kongo pertama kali terkenal pada negara kuba dengan nama oriente, yaitu tepatnya pada abad ke-19.

Alat Musik Ritmis Marakas

Alat musik ritmis tradisional
Sumber: alatmusik.org

Alat musik marakas ini pada zaman dahulu digunakan pada saat upacara adat proses penyembuhan penyakit seseorang di negara Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan.

Marakas merupakas salah satu alat musik pelengkap pada musik bergenre salsa,rumba, trova ensemble, cuba, maupun charannga.

Bentuknya menyerupai labu yang sudah kering yang didalamnya terisikan oleh biji-biji. Sehingga jika digoyangkan akan menghasilkan irama suara kricikan air.

Maka dari itu alat musik ini yang dikenal dengan nama maraca berkategori musik perkusi.

Alat Musik Ritmis Timpani

Alat musik ritmis tradisional
Sumber: maudisini.com

Alat musik timpani ini mempunyai bentuk tabung yang terbuat dari kayu yang berukuran 20 cm yang diapit dengan kuningan berbentuk mangkuk.

Sisi bagian lingkarannya dibalut dengan bulu halus dari hewan biri-biri eropa.

Cara untuk menghasilkan bunyinya adalah dengan cara memukulnya dengan stik timpani. Timpani sering dijadikan sebagai alat musik yang bisa digunakan pada upacara keagamaan abad ke-15.

Alat Musik Ritmis Kastanyet

alat musik ritmis tradisional
Sumbet: duniaq.com

Alat musik kastanyet ini merupakan alat musik yang terakhir yang masuk kedalam kategori alat musik ritmis tradisional.

Cara memainkan alatnya adalah dengan menepuk-nepuk kastanyet tersebut sampai mengeluarkan alunan irama yng merdu.

Bentuk kastanyet ini cekung berbahan dari kayu atau gading gajah.

Kastanyet juga sering digunakan sebagai alat pengiring musik pada masyarakat tradisional spanyol.

Alat Musik Ritmis Modern

alat musik modern
Sumber: tekoneko.net

Jenis alat ritmis yang kedua adalah modern, alat musik modern ini terkelan pada abad 20 an.

Beberapa diantaranya yang termasuk kedalam alat musik ritmis moder adalah triangle, drum, dan simbal tangan

Yang membedakan antara alat musik tradisional dan modern adalah cara menggunakan, dan bahan yang digunakan pada alat tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari alat-alat musik modern.

Alat Musik Ritmis Drum

Alat musik ritmis drum
Sumber: musiciansfriend.com

Drum merupakan jantungnya alat musik ritmis modern di era jama sekarang. Kita tahu bahwa seluruh lagu maupun musik selalu diiringi dengan drum.

Dapat dilihat ketika kita mendengar musik di radio, di TV, maupun secara langsung pada panggung selalu adala alat musik drum.

Pada awal pembuatan drum ini terbuat dari sebuah kulit yang direnggangkan yang diapit dengan sebuah penyengga.

Nemun, ketika teknologi semakin berkembang maju, bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini adalah plastik dan sebagai tiang penyanggahnya adlah besi.

Cara memainkan drum ini adalah dengan memukulnya menggunakan sebuah stik yang terbuat dari kayu.

Alat Musik Ritmis Triangle

jenis alat musik ritmis
Sumber: gear4music.si

Triangle merupakan alat musik yang terbuat dari besi. Cara memainkannya adalah dengan memukulnya menggunakan besi yang tipis.

Hasil suara irang dari benturan besi tersebut dapat memberikan suara irama yang nyaring dan bergema.

Susunan alat musik ini juga berbeda-beda. Tujuannya adalah agar menghasilkan sebuah alunan irama yang merdu dan enank untuk didengar.

Alat Musik Ritmis Simbal

Alat musik ritmis simbal
Sumber: maudisini.com

Alat musik modern yang termasuk dalam kategori ritmis adalah simbal.

Simbal terbuat dari dua lempengan logam yang tersusun secara berhimpitan. Biasanya terdapat pada perangkat drum.

Fungsi utama dari simbal sendiri adalah sebagai pemanis iringan musik yang dimainkan.

Cara memainkan simbal yang ada atau terkonsep didalam drum adalah dengan memukulnya denga sebuah stik kayu.

Namu, jika memakai simbal yang tanpa penyangga. Maka cara menggunakannya adalah dengan membenturkannya satu sama lain dengan tangan. Simbal yang seperti ini sering kita jumpai pada drumband.

Seperti itulah penjelasan mengenai alat musik ritmis. Ternyata ritmis juga mempunyai banyak contoh dan jenisnya.

Semoga dari pembahasan artikel alat musik ritmis tersebut dapat dijadikan sebagai wawasan untuk menambah ilmu pengetahun.

Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment

%d bloggers like this: