Penyebab Dahsyatnya 99 Letusan Anak Krakatau

Banyaknya Letusan Anak Gunung Krakatau

Letusan gunung krakatau

Mengapa gunung tersebut dinamakan anak krakatau?. Kerana gunung tersebut berada disebelah gunung krakatau yang pada saat ini gunung krakatau tidak aktif.

Sebagai penggantinya. Anak gunung krakatau memainkan peran induknya. Yang mana pada saat ini menunjukan aktifitas eksistensinya dimata publik.

Kita tahu gunung ini berada di tengah-tengah selat sunda yang masih masuk dalam kawasan Provinsi Lampung. Baru saja kemaren warga setempat digegerkan dengan dentungan dari anak gunung krakatau.

Berdasarkan laporan dari PVMBG dalam sehari tepatnya pada hari rabu tanggal 11 juli 2018. Anak gunung krakatau menunjukan aktifitasnya dengan letusan sebanyak 56 kali. Tercatat dalam alat letusan bahwa ketinggian letusan yang diberikan anak krakatau adalah antara 200-1000 meter

Gelombang amplitudo yang tecatat antara 25-55 mm dan banyaknya durasi selama aktifitas tersebut ialah selama 20-100 detik.

Apa Kata Warga dan BNPB – Letusan anak krakatau

Berdasarkan keterangan dari warga setempat dari pihak Kepala BNPB bidang Pusat Data Informasi dan Humas menyatakan bahwa pada malam hari terjadi letusan dari anak krakatau dengan lontaran pasir, abu vulkanik, dan dentuman. Selain itu dari kejauhan terlihat lava pijar dan api. Proses tersebut berlangsung selama 20-172 detik dengan banyaknya 141 kali hembusan.

Pada hari selasa tanggal 10 juli 2018 tepat sehari sebelumnya. Anak gunung krakatau juga menunjukan eksistensinya dengan meletus sebanyak 99 kali.

Ketika pemantauan di pos pengamatan gunung. Terlihat banyaknya hembusan sebanyak 197 kali selama 16-93 detik. Kaca pos pengamatan bergetar disaat 10 kali dentuman yang diberikan anak krakatau

Penyebab Meletusnya Anak Krakatau

penyebab letusan gunung merapi

Gunung merapi merupakan gunung yang aktip atau gunung yang mempunyai aktifitas dapur magma. Oleh karena itu bisa sewaktu-waktu gunung tersebut dapat meletus.

Adapun hal-hal yang menyebabkan meletus atau erupsinya gunung adalah sebagai berikut:

  • Adanya pergerakan mekanisme dapur magma
  • Pergerakan lempeng tektonik
  • Tekanan tinggi pada dapur magma
  • Adanya desakan dari cairan lava yang ingin keluar kerak bumi

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: