Kamu Introvert? Lakukan 6 Cara Ini Agar Menjadi Introvert yang Keren

Hay Sahabat oddav, kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang kepribadian seseorang yang mempunyai tipe introvert. Secara umum introvert adalah salah satu variable dari berbagai tipe kepribadian orang. Tapi kalian tahu gak sih ada hal yang paling keren yang dapat dilakukan oleh seorang introvert?.

Kepribadian introvert sering dicap buruk oleh banyak orang. Mengapa demikian?. Berikut ini saya akan jelaskan secara detail tentang introvert.

Pengertian introvert adalah orang yang mempunyai kepribadian suka terhadap hal sepi. Mereka merasa tidak nyaman (risih) ketika berada di tempat keramaian, mereka lebih memilih untuk menyendiri di kamar maupun di tempat yang jauh dari keramaian. Kerena bagi mereka suatu hal yang sepi maupun kesendirian adalah sebuah nikmat, sehingga dapat fokus untuk melakukan kegiatan.

Kebanyakan orang introvert lebih memilih untuk bekerja sendirin, lebih suka bekerja ketimbang banyak ngomong, orang introvert seringnya juga memiliki hati yang sensitive. Mereka sangat peka sekali jika ada hal yang menyinggung perasaannya.

Menentukan suatu tipe kepribadian seseorang dapat menggunakan berbagai macam cara. Salah satunya ialah kamu dapat mengecek kepribadian dengan mengikuti tes mbti. Tes tersebut adalah tes psikologi yang dikonsep secara matang untuk mengetahui tipe atau preferensi psikologis orang.

Apabila kamu memiliki preferensi Psikologis introvert, ada banyak cara agar kamu lebih keren dibandingkan orang lain. Diantaranya adalah:

1. Beranikan Diri Bicara

@Lifehack.org

Seorang introvert memiliki kecenderungan pemikiran yang tajam, ide-ide dan pemikiran yang bagus, namun sayangnya tidak berani bicara. Dia lebih memiliki untuk diam dengan pemikiran-pemikiran yang masih berputar dikepalanya.

Agar menjadi lebih keren, tentunya seorang introvert harus memberanikan diri untuk agar bicara ketika ada kesempatan untuk melontarkan ide, gagasan, serta pemikiran briliant yang ada di otaknya.

Pertama kali kamu melakukan hal tersebut pasti kamu merasakan aneh, lidah gemetaran saat bicara, dan suara yang terbata-bata. Namun, kamu harus melewati rintangan ini.

Seketika apabila bicara dan ide kamu didengar dan diterima banyak orang. Kamu agar merasakan kenikmatan yang sangat luar biasa. Momen-momen seperti ini akan menjadikan kamu lebih keren dan diakui oleh banyak orang. Maka lewatilah saat-saat tersulitmu untuk dapat diakui orang lain dan pastinya untuk lebih keren.

2. Berada Dalam Satu Topik

@b-b-i.se

Menjadi introvert yang keren berikutnya adalah dengan mempertahankan topik pembicaraan. Kadang orang lawan bicara sering bahkan dengan cepat untuk berganti-ganti topik. Sedangkan orang instrovert lebih cenderung menguras habis pembahasan satu topik saja dengan pemikiran dan ide-idenya.

Bagaimana caranya agar kamu dapat mengontrol pembicaran tersebut?. Caranya adalah ketika lawan bicar loncat-loncat ke topik lain, kamu cukup mendengarkannya saja. Ketika ada kesempatan buat kamu bicara, saatnya anda untuk mengembalikannya ke topik awal. Disitulah kesempatan kamu menyampaikan gagasan pemikiran.

Belajarnya untuk tidak menjadi ranting pohon yang terbawa arus air sungai. Jadilah seorang yang dapat mengontrol pembicaraan agar semua pemikiranmu dapat dikeluarkan.

3. Jangan Terburu-buru Membalas Chat

@ugetuget.com

Sering sekali ketika chattingan dengan seorang introvert memiliki sensasi yang sangat mengasikkan, ngrobrolnya sangat enak, dan nyambung. Namun, ketika ngobrol secara tatap muka langsung itu sangat tidak asik, suka gak nyambung, terbata-bata, dan juga terkadang sangat lemot untuk bicaranya.

Mengapa demikian?. KArena seorang introvert sering berbikir dahulu sebelum merespon pertanyaan maupun menjawab lawan bicara, agar balasannya itu baik, tepat.

Banyak juga orang introvert yang suka terburu-buru untuk menjawab chat maupun komentar orang, sehingga jawabannya itu suka tidak nyambung dan gak jelas.

Maka, bagi kamu yang memiliki preferensi kepribadian introvert alangkah baiknya apabila ada chat yang masuk, jangan terburu-buru untuk membalasnya. Pikirkan dahulu balasan yang tepat dan baik agar pembicaraan kalian dapat satu arah dan nyambung. Biarkan orang yang chat kamu untuk menunggu jawaban, hal ini ditujukan agar lawan bicara mendapatkan jawaban chat yang asik. Sehingga lawan bicara senang, bagaimanapun juga membuat orang lain senang juga bagian dari ibadah.

Preferensi orang dengan kepribadian introvert memang memiliki kehati-hatian yang sangat tinggi, begitupula dengan membalas chat. Sehingga ketika membalas chat membutuhkan waktu lebih lama untuk menyusun kata-kata yang baik dan benar. Inilah juga yang menjadi ciri khas dari seorang introvert.

4. Bicara Dengan Pelan

@Otakundes.net

Buat kamu yang sudah melakukan tes mbti dan memiliki hasil kepribadian introvert. Cara ini sangat baik agar kamu terlihat lebih keren dan diperhatikan oleh banyak orang.

Seorang introvert tidak terbiasa bahkan tidak suka berbicara keras-keras.

Jadi, belajarlah untuk berbicara dengan pelan dan kalem, agar omongan kamu dapat tertata dengan baik dan didengarkan lawan bicara. sehingga pembicaraan akan lebih panjang dan nyambung.

Siasati juga agar lawan bicara kamu tidak memotong pembicaraan, yaitu dengan cara berikan kode dengan
mengangkatkan tangan, atau juga kamu bisa memberitahukan secara langsung supaya tidak memotong pembicaraan.

Ketika kamu mempraktekan cara tersebut, lawan bicara akan lebih fokus ke kamu dengan ciri lawan bicara akan lebih
mendekat, dan mengalihkan posisi tubuhnya ke arahmu. Hal tersebut supaya dapat mendengar apa yang kamu bicarakan.

5. Tegas Pada Orang Memotong Pembicaraan

introvert
@nanoki-nanoki.blogspot.com

Cara berikutnya yang membuat seorang introvert lebih keren adalah tegas apabilah ada orang yang memotong pembicaraan kamu.

Seorang introvert tahu bahwa untuk bicara membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membuat atau menuangkan pemikiran-pemikiran yang baik dan bagusnya. Kerana itulah mengapa kamu harus belajar untuk tegas dalam menyikapi orang yang memotong pembicaraan.

Berbagai cara dapat anda gunakan, diantaranya adalah dengan mengangkat tangan dan bilang ‘jangan memotong dulu, saya belum selesai bicara’. Jika, orang lain tetep memotong pembicaraan, kamu dapat melakukan hal yang lebih ekstrim lagi yaitu dengan cara memukul meja atau bentak.

6. Buktikan Pendapatmu Sendiri

@bangriky.wordpress.com

Pada dasarnya kebanyakan introvert itu hanya ingin didengar atau diperhatikan. Akan tetapi preferensi tipe kepribadian yang lain tidak peka terhadap orang introvert. Sehingga sering sekali pendapat yang dikeluarkan oleh seorang intovert dikesampingkan.

Ketika posisi pendapat anda sudah dihiraukan oleh orang lain, maka sudah waktunya kamu untuk membuktikan pendapatnya sendiri.

Kamu tunjukan hasilnya kepada mereka bahwa pendapat yang pernah disampaikan itu memang benar. Cara ini sangat efektif, karena kebanyakan orang itu akan mengikuti orang yang telah berhasil melakukannya. Belajarlah untuk menjadi orang yang ‘Talk Less Do More’, sedikit bicara banyak bekerja.

Yah, begitulah apa yang dapat saya tulis, semoga dapat menjadikan inspirasi yang keren bagi para introvert.

Leave a Comment

%d bloggers like this: