Jenis-Jenis Limbah, Pengertian, dan Contoh-Contohnya

Jenis-jenis limbah – Assalamu’alaikum sahabat oddav. Salam sejahterah untuk kita semua. Kali ini saya akan sharing memerapa materi mengenai jenis-jenis limbah. Pada dasarnya limbah terbagi menjadi dua golongan yaitu limbah organik dan limbah anorganik.

Kedua golongan tersebut mempunyai perbedaan. Organik adalah sebuah benda alami yang dapat mudah hancur dan terurai oleh tanah. Sedangkan anorganik sangat susah terurai oleh tanah. Semua limbah pada dasarnya bisa kita manfaatkan untuk dijadikan kerajinan dari barang bekas. Sehingga olahan limbah tersebut mempunyai nilai jual

Sedikit penjelasan kurang lebih seperti itu. Namun, sekarang saya akan menulis dan membahas jenis limbah. langsung saja simak dan pahama tulisan saya berikut ini.

Pengertian Limbah – Jenis-Jenis Limbah

Pengertian Limbah
rayapos.com

Limbah merupakan bahan sisa produksi yang sudah tidak digunakan lagi dan dibuang karena tidak terpakai. Jika limbah dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan pencemaran bagi lingkungan sekitar.

Limbah juga terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Di sini kami akan jelaskan jenis-jenis limbah, antara lain jenis limbah berdasarkan sumbernya, limbah berdasarkan senyawanya, limbah berdasarkan sifatnya, dan yang terakhir jenis limbah berdasarkan wujudnya. Oleh karena itu, kami akan mengulas dengan lengkap tentang jenis-jenis jimbah.

Seperti yang sering diketahui bahwa jenis limbah ada 2 jenis, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Tetapi itu hanya klasifikasi jenis limbah berdasarkan kandungan senyawanya saja, ternyata masih banyak lagi jenis limbah yang dapat kita klasifikasikan lagi.

Setiap limbah yang ada tentu cara mengatasi dan penanganannya berbeda-beda, tergantung dari jenis limbah yang kita temui. Pada dasarnya semua limbah tentu dapat mengganggu populasi alam di sekitar limbah itu berada. Informasi selanjutnya mengenai jenis-jenis limbah yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Limbah Pada Umumnya

jenis-jenis limbah
hypescience.com

Jenis-jenis limbah dibagi menjadi beberapa macam, berdasarkan sumbernya, senyawanya, sifatnya, dan wujudnya Seperti:

  • Limbah Berdasarkan Senyawanya
  • Limbah Berdasarkan Sumbernya
  • Limbah Berdasarkan Sifatnya
  • Limbah Berdasarkan Wujudnya

. Informasi berikut ini akan mengulas mengenai jenis-jenis limbah dan contohnya.

Limbah Berdasarkan Senyawanya

limbah berdasarkan senyawa
yukiwaterfilter.com

Limbah organik dan limbah non organik adalah jenis jenis limbah berdasarkan jenis senyawa. Limbah organik merupakan limbah yang banyak berasal dari makhluk hidup dan alam.

Limbah organik ini mudah diurai oleh bakteri atau dekomposer dan juga alam itu sendiri dan dapat dengan cepat diurai dengan bantuan manusia. Limbah organik juga dibagi menjadi 2, yaitu limbah organik basah, dan limbah organik kering.

Limbah organik basah contohnya daun-daun, sisa buah, sisa sayur, dan lain-lain. Limbah organik kering contohnya kertas, tissue, kayu, ranting pohon, dan lain-lain. Limbah jenis ini dapat dijadikan pupuk kompos maupun dijadikan sebagai kerajinan tangan.

Kedua yaitu jenis limbah non organik atau non-organik. Limbah jenis ini termasuk ke dalam limbah yang tidak mudah terurai oleh bakteri dan alam. Limbah non-organik juga mengalami pelapukan yang cukup lama.

Maka dari itu, perlu diadakan penanganan lebih lanjut atas limbah jenis ini. Limbah anorganik juga dibagi menjadi 2, yaitu limbah anorganik lunak, dan limbah anorganik keras. Contoh dari limbah anorganik lunak yaitu limbah yang berasal dari plastik, kemasan minuman dan makanan, serta kain perca, sedangkan contoh limbah anorganik keras merupakan limbah yang berasal dari bahan keras seperti limbah kaleng, dan kaca.

Limbah Berdasarkan Sumbernya

Limbah Industri
okeinfo.net

Jenis jenis limbah berdasarkan sumbernya ada 6, yaitu yang pertama ada limbah industri yang berasal dari hasil kegiatan industri.

Contoh limbah industri antara lain: limbah pabrik, limbah radioaktif dari PLN, limbah rumah sakit, dan sebagainya. Limbah yang kedua yaitu limbah domestik, limbah ini berasal dari kegiatan rumah tangga yang menghasilkan banyak limbah hasil konsumsi dari para penghuni rumah. Contohnya limbah detergen, kaleng bekas, plastik, tissue, dan lain-lain.
Jenis limbah menurut sumbernya yang ketiga yaitu limbah pertambangan. Sesuai dengan namanya, limbah ini berasal dari hasil pertambangan. Hasil limbah yang ada dari pertambangan biasanya berupa material tambang, logam, dan bebatuan.

Lalu jenis limbah yang keempat yaitu limbah pertanian, limbah ini berasal dari hasil pertanian, contohnya ketika sedang memupuk, pupuk cair tersebut yang terbuang akan mengalir dan hanyut di sungai atau saluran irigasi dan menyebabkan polusi air dan dapat menjadi zat yang beracun.

Jenis limbah yang kelima yaitu limbah pariwisata, limbah ini berasal dari hasil wisata yang dihasilkan oleh sarana transportasi. Kendaraan wisata membuang limbah ke udara dan menyebabkan polusi udara.

Contoh dari limbah ini yaitu pada asap knalpot, dan lain-lain. Jenis limbah yang terakhir adalah limbah medis, limbah ini berasal dari kegiatan kesehatan, biasanya banyak berasal dari rumah sakit, apotek, klinik dan semacamnya. Limbah jenis ini banyak dihasilkan dari sisa obat-obatan, dan jenis-jenis limbah kimia lainnya.

Limbah Berdasarkan Sifatnya

Limbah berdasarkan sifatnya
http://ridwanpunto06.blogspot.com

Jenis limbah yang selanjutnya yaitu berdasarkan sifat dari limbah tersebut. Jenis ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu limbah biasa dan limbah bahan berbahaya dan beracun atau biasa disebut dengan limbah B3.

Salah satu contoh dari limbah biasa adalah limbah organik, limbah ini menghasilkan pencemaran yang dapat merusak alam, tapi dapat diuraikan oleh bakteri maupun oleh alam itu sendiri. Limbah jenis ini dapat mengakibatkan kerusakan pada skala kecil maupun pada skala besar. Limbah jenis ini termasuk ke dalam jenis limbah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis limbah yang kedua adalah limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Jenis limbah B3 ini memiliki sifat korosif, mudah terbakar, mudah meledak, keracunan, dan lain-lain yang dapat membahayakan lingkungan sekitar, dan ancaman bagi kelangsungan hidup dari manusia dan hewan.

Limbah jenis ini dapat sangat berbahaya bagi tubuh. Limbah B3 tidak hanya dihasilkan oleh aktifitas industri saja, melainkan kegiatan rumah tangga yang menghasilkan limbah dengan zat kimia yang sangat berbahaya.

Baca Juga: Kerajinan dari Limbah Anorganik

Limbah Berdasarkan Wujudnya

Limbah berdasarkan sifatnya
lesprivatsurabaya-11910.blogspot.com

Jenis-jenis limbah berdasarkan wujudnya terbagi menjadi 3 macam. Jenis limbah yang pertama yaitu limbah cair.

Limbah jenis ini berasal dari segala aktifitas yang menghasilkan limbah dengan bentuk cair. Limbah cair banyak kita temukan pada pemukiman warga, pabrik, dan industri. Limbah cair ini juga banyak dihasilkan oleh konsumsi rumah tangga yaitu pada air sisa sabun, air deterjen, dan limbah cair lainnya.

Jenis limbah berdasarkan wujudnya yang kedua yaitu limbah jenis padat. Limbah ini berupa material padat dari suatu sisa hasil proses produksi, maupun konsumsi.

Jenis limbah padat sering kita jumpai hampir diberbagai tempat umum, baik industri, perkantoran, rumah tangga, dan tempat lainnya. Contoh limbah padat yaitu limbah kertas, limbah plastik, limbah logam, limbah karet, dan lain-lain. Limbah jenis ini jika tidak dikelola dengan baik maka akan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan, bahkan dapat menjadikan banjir.

Limbah padat ada yang dapat di daur ulang dan tidak. Untuk mengatasi yang tidak, maka limbah ditimbun, diolah, dan dibakar.

Lalu jenis limbah yang terakhir ada limbah jenis gas. Limbah ini berbentuk gas yang dihasilkan oleh berbagai aktifitas industri, biasanya oleh suatu pabrik dan industri lainnya yang menghasilkan keluaran berupa gas yang mengakibatkan polusi pada udara.

Limbah gas contohnya ketika terjadi suatu kebocoran gas, asap pabrik dari sisa produksi, pembakaran pada pabrik, dan contoh lainnya yang berwujud gas dan mencemari udara yang dapat merusak lingkungan dan ekosistem makhluk hidup di dalamnya.

Sekian pembahasan mengenai Jenis-Jenis Limbah yang perlu diketahui. Pada dasarnya semua jenis limbah itu sama, sama-sama berbahaya bagi lingkungan dan populasi makhluk hidup. Jadi, limbah perlu ditangani dengan penanganan khusus dan kita sebagai manusia, sudah seharusnya bersikap bijak mengenai limbah yang selalu menjadi masalah terbesar kita, apalagi pada negara berkembang seperti Indonesia ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: