Macam-macam Kerajinan Tangan Dari Sedotan [Paling Lengkap]

Kerajinan Tangan dari Sedotan – Pemanfaatan barang bekas dengan membuat kerajinan tangan dari sedotan adalah inovasi dan kreatifitas yang mempunyai daya nilai jual yang tinggi. Sedotan dapat dibuat sebagai anyaman sedotan, keranjang dari sedotan, bunga dari sedotan, tirai dari sedotan, dan souvenir dari sedotan.

Bagi anda yang mempunyai bakat kreatifitas atau hanya sekedar hobi membuat dan menyulap barang bekas. Ini adalah sebuah peluang besar anda untuk menjadikan kreatifitas diri dan hobi yang mendapatkan uang.

Selain itu, pada ilmu pengetahuan alam sisa atau barang bekas sedotan adalah benda yang terbuat dari bahan plastik. Secara fisik dan kimiawi benda plastik tidak dapat diuraikan dalam tanah.

Maka dari itu, komunitas atau lembaga yang bergerak dalam lingkungan hidup sangan mendukung penuh atas ide dan kreatifitas dari pemanfaatan limbah sedotan.

Berikut ini adalah berbagai macam contoh hasil kreatifitas kerajinan tangan dari sedotan.

Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan

Di tangan-tangan orang yang mempunyai kreatifitas tinggi, sebuah barang bekas sedotan dapat dijadikan berbagai produk daur ulang yang unik, bermanfaat, dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Beberapa contoh hasil kreasi barang bekas dari sedotan adalah kreasi bingkai foto, kreasi bunga, kreasi tirai, dan masih banyak jenis barang lainnya yang memiliki banyak manfaat. Dari sedotan dapat dibuat berbagai macam bentuk produk kerajinan tangan yang unik dan memungkinkan untuk dibuat.

Pada proses pembuatan kreasi barang bekas dari sedotan terbilang cukup mudah karena anda cukup mengikuti pola yang telah dibuat. Selain itu anda juga harus memiliki kesabaran dan ketelitian yang tinggi agar dapat menghasilkan berang yang cantik, rapih dan unik.

1. Kerajinan Tirai Dari Sedotan

tirai dari sedotan

Tirai adalah sebuah asesoris rumah yang sering dipasang pada jendela kamar maupun ruangan rumah. Tirai yang memiliki keunikan dan keindahan akan membuat suasana rumah yang nyaman dan sejuk.

Hanya dengan sebuah barang bekas sedotan dapat dibentuk untuk menghasilkan sebuah tirai yang indah dan cantik, ditambah dengan hiasan tambahan bunga-bunga yang menempel pada tirai.

Langkah yang dilakukan untuk membuat kerajinan tangan tirai dari  sedotan bekas adalah

  • Pertama yang harus dilakukan adalah membuat hiasan bunga sedotan sebanyak yang diperlukan untuk dijadikan sebagai asesoris tirai
  • Kemudian susun tirai dengan cara potongan-potongan sedotan dirangkai menggunakan benang.
  • Bunga sedotan yang sudah jadi disusun secara selang seling agar nampak indah. Sedotan kemudian bunga dan seterusnya susunannya seperti itu.
  • Setelah jadi, tirai dapat digantungkan pada bagian pintu atau jendela rumah.

2. Hiasan Dinding Dari Sedotan

kerajinan tangan hiasan dinding

Sedotan dapat dipadukan dengan bahan lainnya untuk membentuk suatu kerajinan hiasan dinding yang unik dan cantik.

Perpaduan antara kain flanel dengan sedotan akan menghasilkan suatu kreasi hiasan dinding yang cantik dan pastinya memiliki nilai jual.

Hiasan ini dapat anda buat sendiri dan memasangnya dengan cara digantung pada dinding kamar maupun dijadikan sebagai gantungan nama pada pintu kamar. Sehingga akan memperindah penampilan ruangan.

Untuk membuat hiasan ini, anda dapat mengajak anak-anak untuk ikut andil dalam membuatnya. Karena biasanya anak-anak memiliki keinginan sendiri dalam kreasinya serta untuk mengembangkan otak kreatifitasnya.

Dalam membuat hiasan dinding yang diperlukan adalah membuat pola hiasan. Setelah pola jadi, sedotan yang memiliki motif dipotong-potong sesuai dengan pola. Kemudian disatukan dengan lem. Untuk mempercantik penampilan, anda dapat menambahkan pita.

3. Taplak Meja dan Alas Gelas

kreasi dari sedotan
Sumber: bukalapak.com

Jenis kerajinan tangan dari sedotan yang kedua adalah taplak meja. Sebuah taplak meja dapat dibuat dengan menggunakan sedotan yang dapat menghasilkan desain kreasi cantik dan unik.

Akan tetapi sangat sekali membutuhkan kreatifitas dan keahlian khusus dalam menganyamnya. Serta memerlukan kesabaran yang lebih.

Anyaman-anyaman dalam membuat meja harus rapih dan cantih. Sehingga biasanya sebelum menganyamnya, sang kreator membuat pola dahulu.

Beberapa produk yang serupa selain taplak meja yang dapat dibuat adalah tatakan gelas, alas vas, dll.

Indonesia sangatlah kaya, tinggal bagaimana kita untuk percaya diri dengan produk asli kreasi kerajinan tangan karya anak Bangsa

4. Wadah Pensil Dari Sedotan

kreasi dari sedotdan
Sumber: brilio.net

Anda atau anak anda ketika setelah melakukan aktifitas yang menggunakan peralatan tulis. Sering sekali tanpa sarang peralatan tersebut pada berserakan.

Jika anda merasakan bahwa itu semua benar, maka cobalah untuk memulai membuat kerajinan tempat pensil dari sedotan.

Anda dapat dengan mudah membuat wadah pensil atau banpoin dengan beraneka variasi, dapat menambahkan beberapa motif bunga sedotan maupun lainnya untuk mempercantik tempat pensil.

Beberapa cara untuk membuat wadah pensil diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan sebuah botol, bisa dari botol bekas air mineral.
  • Botol tersebut diberikan lubang dari bagian bawah sebesar ¼ bagian.
  • Ukuran panjang sedotan disamaratakan dengan panjang botol diatas.
  • Salah satu ujung sedotan dipotong sehingga membentuk runcing.
  • Agar terlihat cantik, bagian dalam botol dicat sesuai dengan warna kesukaan.
  • Satu sama lain bagian sedotan disambungkan mengunakan lem dan dipasang pada bagian badan botol.
  • Sebuah ornamen hiasan dipasang pada pinggir-pinggris sedotan agar nampak cantik.
  • Botol yang sudah jadi siap untuk ditempatin pensil dan balpoin.

5. Vas Bunga Dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan
Sumber: youtube.com

Ketika anda memiliki bunga yang sangat cantik. Pastinya anda juga menginginkan wadah atau vas yang cantik pula.

Vas bunga yang cantik dapat anda dapatkan dan dibuat sendiri tanpa membeli ditoko yang menjual vas bunga dengan harga yang mahal.

Kreasi vas bunga dari sedotan dapat dibuat cantik dengan pemilihan warna sedotan. Warna yang baik untuk dipilih adalah warna yang mempunyai yang sepadan dan dapat dikombinasikan dengan rangkaian bunganya.

Cara membuat itu sama seperti contoh yang lainnya yaitu dengan membuat pola vas bunga dahulu. Kemudian sedotan dipotong-potong dan ditempelkan dengan lem sehingga menghasilkan suatu bentuk vas bunga.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Kerajinan Dari Kardus

6. Rumah Dari Sedotan

kerajinan tangan miniatur rumah dari sedotan
Sumber: youtube.com

Salah satu mainan anak yang disukai adalah rumah-rumahan yaitu mainan yang mempunyai bentuk rumah.

Orang tua atau khususnya anda yang ingin membuat rumah mainan tersebut. Baik hanya untuk anaknya atau dijual. Kini anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan sedotan. Sehingga dapat meminimalisir anggaran.

Berbagai macam potongan sedotan yang berwarna warni dipotong menjadi beberapa ukuran yang disesuaikan dengan pola miniatur rumah yang mau dibuat.

Dari beberapa potongan sedotan kemudian masing-masing dirangka dan susun menggunakan alat perekat lem agar membentuk suatu kerangka bahkan miniatur rumah.

Setelah semua kerangka dan susunannya sudah terlesesaikan. Anda dapat menambahkan beberapa asesoris kresi lainnya seperti menambahkan jendela, pintu, maupun taman.

Hasil dari rumah mainan yang telah dibuat dapat digunakan untuk mainan anak-anak. Mereka dapat bermain dengan alat mainan lainnya seperti boneka, dll. Sehingga akan membuat perkembangan otak anak semakin optimal.

Dari cara pembuatan rumah sedotan diatas berkemungkinan besar dalam proses pembuatannya itu rumit dan membuatuhkan tinggal kreatifitas dan ketelitian yang tinggi. Agar hasil yang didapatkannya indah dan cantik.

7. Sepeda Dari Sedotan

miniatur sepeda sedotan

Berikut ini termasuk contoh mainan anak kreatif dan cinta lingkungan. Karena mainan ini terbuat dari bahan daur ulang sedotan.

Mainan sepeda dari sedotan mempunyai bentuk dan ukuran yang sangat mini serta bentuk yang sangat mirip dengan sepeda. Saking kecilnya ukuran sepeda ini membuat orang tidak percaya bahwa sepeda tersebut terbuat dari bahan sedotan.

Sepeda sedotan tersebut merupakan inovasi terbarukan dan mempunyai kreatifitas tinggi. Jadi tidak aneh apabila sepeda ini memiliki harga jual.

8. Lampu Dari Sedotan

selimut lampu sedotan
Sumber?: ruangtanya.com

Sebenarnya ini adalah suatu asesoris lampu agar terlihat lebih unik dan lebih meranik. Warna putih yang ada pada sedotan dapat menimbulkan pantulan cahaya dari lampu untuk lebih terang.

Dalam pembuatannya cukup terbilang sangat mudah, karena anda hanya memerluka sebuah sedotan dan lem untuk membentuk suatu selimut lampu.

Rangkaian ini sangat cocok sekali untuk digunakan pada lampu tidur, acara malam, dan masih banytak lainnya.

9. Hewan Dari Sedotan

kreasi hewab sedotan

Kreatifitas hewan dari sedotan adalah sebuah bentuk inovasi mainan anak yang berupaya untuk memanfaatkan barang-barang yang murah dan ramah.

Selain dijadikan sebagai mainan anak, hewan dari sedotan ini juga dijadikan sebagai pajangan di ruang tamu.

Berbagai macam bentuk hewan dapat dibuat dengan menggunakan sedotan. Hasil dari pembuatan hewan juga dapat diterapkan pada kalangan pelajar untuk dijadikan sebagai penambah wawasan siswa dalam memahami fauna.

10. Anyaman Sedotan

contoh anyaman sedotan

Manfaat lain dari sedotan adalah dapat dibuat anyaman. Bagi anda yang suka membuat anyaman, sedotan merupakan salah satu bahan yang rekomendasi untuk dibuat berbagai bentuk anyaman.

Jika anda membuat anyaman dari sedotan, maka anda harus memilih jenis sedotan yang berkualitas dan sedikit keras. Hal ini agar jika anyaman sedotan yang sudah jadi jika dijadikan sebagai dudukan akan kuat dan tidak mudah putus.

Selain sedotan yang harus keras diperlukan juga sedotan yang mudah untuk ditekuk. Asalannya ialah sama yaitu agar tidak mudah pecah dan anyaman terlihat rapih.

11. Boneka Dari Sedotan

boneka sedotan terbaru

Bahan dasar sedotan dapat dipadukan atao dikombinasikan dengan berbagai jenis bahas yang sudah tidak terpakai lainnya. Seperti kancing, kain, manik-manik semua itu bisa anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai karya seni boneka.

Dengan anda membuat sebuah boneka dari bahan-bahan diatas. Dapat dibuktikan bahwa anda mempunyai jiwa kreatifits yang tinngi. Hasil dari pembuatan boneka tersebut dapat digunakan untuk mainan anak dan dijual kembali.

Selain dijadikan sebagai mainan, anda juga dapat menjadikan boneka ini sebagai pajangan ruang tamu, dan property pada kegiatan story telling ke anak-anak.

12. Kalung Dari Sedotan

kerajinan tangan kalung dari sedotan

Hiasan cantik yang dipakai seorang perempuan tidak yang harus mempunyai harga mahal. Hanya dengan beberapa jenis sedotan saja anda sudah dapat membuat hiasan kalung yang cantik untuk orang kesayangan anda.

Hasil dari kreatifitas kalung sedotan ini tidak kalah cantiknya dengan kalung-kalung mahal yang dijual di toko-toko perhiasan.

Dalam pembuatan kalung dari sedotan diperlukan  beberapa bahan perpaduan yang dapat dikombinasikan dengan sedotan. Dari perpaduan tersebut diharapkan akan menghasilkan sebuah kalung yang cantik dan indah.

Adapun dalam pemilihan sedotannya adalah cukup dengan memilih berbagai macam sedotan yang berwarna warni yang memiliki tekstur kaku namun tidak lembek. Pemilihan tersebut didasarkan agar kalung tidak muydah pecah, rusak, dan mudah dibentuk.

13. Gelang Dari Sedotan

kerajinan tangan gelang sedotan

Gelang dari sedotan, rasanya namanya aneh untuk didengar. Namun, anda dapat mencoba kreasi yang satu ini. Gelang dari sedotan dapat dengan mudah anda buat.

Cara membuat gelang sedotan adalah dengan menyiapkan beberapa jenis sedotan yang memiliki motif dan mudah untuk dibentuk. Kemudian sedotan tersebut dianyam lengan pola yang menyerupai gelang.

14. Kreasi Gantungan Kunci Dari Sedotan

kreasi gantungan kunci sedotan

Selanjutnya anda dapat membuat suatu kreasi kerajinan dari sedotan yang unik dan lucu. Salah satunya adalah dengan membuat gantungan kunci.

Bahan yang diperlukan adah sebuah gantungan kuncinya saja yang biasanya terbuat dari besi. Kemudian dari gantungan tersebut, anda dapat menambahlkan berbagai pola asesoris lainnya yang terbuat dari bahan sedotan.

Anda akan dapat menilainya sendiri ketika gantungan tersebut sudah jadi. Gantungan dari sedotan ini dapat anda jadikan sebagai gantungan tas, dan gantungan yang lainnya.

15. Bunga Dari Sedotan

kerajinan bunga dari bahan sedotan

Hampir seluruh wanita di dunia ini suka dengan bunga. Hal ini dapat dibuktikan ketika anda mengasih sebuah bunga pada pasangan anda.

Bagi anda yang merasa memiliki kreatifitas tinggi pasti dapat dengan mudah untuk membuat kreasi bunga dari sedotan. Kreasi bunga dari sedotan juga dapat anda jadikan sebagai hiasan ruangan, maupun hiasan dinding.

Hiasan bunga tersebut akan mempercantik dan memperindah rumah. Keunggulan dari bunga sedotan ini adalah anda tidak repot-menyiramnya.hehe

16. Bingkai Foto Dari Sedotan

kreasi pigura sedotan

Sedotan dapat anda jadikan sebagai bingkai foto yang unik dan memiliki nilai seni. Berbagai ukuran dan model bingkai foto dapat anda buat dengan mudah.

Caranya untuk membuat kreasi bingkai foto dari sedotan adalah

  • Beberapa jenis sedotan yang bermotif disiapkan sebanyak mungkin.
  • Kemudian sediakan kardus untuk dipotong membentuk suatu frame foto, dengan ukuran sesuai keinginan.
  • Pada bagian tengah frame dipotong kotak sebagai wadah foto.
  • Disedotan yang sudah dikumpulkan dipotong-potong yang pandangnya disesuaikan dengan ukuran frame.
  • Setelah itu potongan sedotan ditempelkan pada seluruh bagian frame.
  • Ketika semuanya sudah menempel. Gabungkanlah bagian bawah dan .bagian atas frame dengan menggunakan lem.
  • Jangan lupa pada bagian belakang diberikan tempat untuk memasukan foto.

Demikian penjelasan saya mengenai berbagai macam contoh, dan cara membuat kerajinan tangan dari bahan sedotan. Semoga dapat dijadikan inspirasi bagi anda semua.

Leave a Comment

%d bloggers like this: