Pengertian dan Jenis-Jenis Limbah Organik [LENGKAP]

Limbah organik – Hai sahabat oddav, pertemuan kali ini saya akan sharing mengenai berbagai macam contoh dan jenis-jenis limbah organik. Sering kita temukan ketika kita berada di sebuah pasar sayur, banyak sekali sisa-sisa sayur busuk dari hasil sortiran penjualan.

Sayur tersebut merupakan suatu benda organik yang sifatnya mudah busuk dan terurai. Jadi apabila ada sayur yang busuk dan sisa-sisa yang terbuang itu termasuk dari sampah atau limbah organik.

Pengertian Limbah Organik

Pengertian Limbah Organik
asvis.it

Limbah organik merupakan salah satu limbah yang dikategorikan berdasarkan senyawanya dengan pengertiannya yaitu limbah yang berasal dari makhluk hidup maupun alam dan dapat diuraikan kembali oleh bakteri atau dekomposer dan juga oleh alam itu sendiri.

Contoh sampah organik berasal dari sisa-sisa aktifitas dari manusia, hewan dan tumbuhan, seperti tinja, daun-daun, cangkang telur, kulit pohon, sisa-sisa buah dan sayuran, tulang hewan, kertas, ranting pohon, biji-bijian, dan lain-lain. Limbah or-ganik memiliki dua jenis yaitu limbah or-ganik basah, dan limbah or-ganik kering.

Mengenai contoh dan jenis-jenis limbah organik akan diulas lengkap pada artikel Pengertian dan Jenis-Jenis Limbah Or-ganik.

Seperti yang kita ketahui bahwa masalah terbesar dari Indonesia adalah permasalahan mengenai limbah atau biasa kita sebut sebagai sampah yang membuat risau masyarakat dan membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat. Ada sampah yang tidak dapat diuraikan oleh lingkungan atau sampah organik, dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh lingkungan atau sampah anorganik.

Sampah atau Limbah Organik

limbah daun organik
rumahmesin.com

Sampah organik ini dapat mengalami pelapukan dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil lagi serta tidak berbau, bahan kecil ini biasa kita sebut sebagai kompos yang biasanya berasal dari pelapukan bahan-bahan organik seperti dedaunan, jerami, alang-alang, rumput, dan lain-lain.

Kompos atau biasa disebut sebagai pupuk kandang ini hadir sebagai bentuk pemanfaatan yang dapat dilakukan oleh manusia melalui sumber limbah dari kotoran manusia dan hewan. Pupuk kompos ini dapat dengan mudah dibuat dan memiliki banyak manfaat yang dihasilkan.

Diantara manfaatnya yaitu dapat bermanfaat bagi tanah, dan bermanfaat bagi tumbuhan, serta masih banyak lagi manfaat yang dapat dihasilkan dari pengolahan pupuk kompos dengan baik ini.

Struktur tanah dapat diperbaiki dengan kehadiran kompos, dan juga dapat meningkatan unsur hara pada tanah yang dapat diambil oleh tanaman untuk menjadikannya menjadi lebih subur.

Pelapukan bahan-bahan organik dapat dipercepat prosesnya dengan bantuan dari manusia. Sampah-sampah organik biasa kita temui di pemukiman-pemukiman pada umumnya, untuk jumlah limbah yang dihasilkan dari pemukiman tersebut sebagian besar adalah limbah organik. Lalu sisanya merupakan limbah anorganik.

Baik limbah organik maupun limbah anorganik dapat kita manfaatkan untuk dikelola ulang menjadi sesuatu yang dapat berguna bagi masyarakat dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Dengan mengelola ulang, kita berarti sudah meminimalisir sampah yang ada di sekeliling kita. Baca selengkapnya mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Limbah Organik yang perlu Anda ketahui.

Jenis-Jenis Limbah Organik

jenis limbah organik
jenis limbah organik

Limbah or-ganik dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu limbah or-ganik basah dan limbah or-ganik kering. Berikut penjelasan mengenai contoh limbah or-ganik basah dan kering serta pengolahannya.

1. Limbah Organik Basah

limbah organik basah
media.metrolatam.com

Jenis limbah organik yang pertama yaitu jenis limbah or-ganik basah. Jenis limbah ini merupakan limbah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Beberapa contoh limbah yang termasuk ke dalam limbah organik basah antara lain ada kulit buah, kulit sayur, biji-bijian, dan juga dedaunan.

Limbah jenis ini biasa kita jumpai pada area yang banyak tumbuhannya. Area pepohonan yang sudah tua akan melakukan pengguran terhadap daunnya, begitu juga terhadap buah yang sudah melebihi tingkat kematangan akan jatuh dengan sendirinya dari pohon tersebut.

Apa arti sampah jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Sampah organik basah dapat kita manfaatkan menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai jual atau sekedar menjadi koleksi di rumah.

Contoh kerajinan yang berasal dari limbah organik basah yaitu dengan memanfaatkan kulit jagung yang dapat dijadikan menjadi kerajinan bunga, pigura foto, tas anyaman, boneka, dan kerajinan-kerajinan lainnya. Lalu ada jerami yang dapat diolah menjadi kerajinan hiasan dinding, tempat pensil, dan lain-lain. Hasil yang menarik dan artistik memiliki nilai jual yang tinggi.

Pengolahan limbah organik jenis basah ini dapat dilakukan dengan mengeringkan terlebih dahulu menggunakan alat pengering ataupun menggunakan cahaya matahari hingga kadar air yang ada menjadi tak tersisa atau kering. Lalu setelah kering limbah organik ini dapat dibuat menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan oleh para pengrajin yang memiliki kreatifitas tinggi.

Tidak jauh berbeda mengenai perbedaan limbah organik dan anorganik tentang pemanfaatan yang dilakukan oleh manusia terhadap limbah-limbah jenis ini. Karena dengan kreatifitas, limbah bentuk apapun akan disulap menjadi berbagai aneka kerajinan yang menarik.

2. Limbah Organik Kering

Limbah organik kering
satriakbb9092.blogspot.com

Jenis yang kedua dari limbah or-ganik yaitu limbah organik yang berasal dari limbah kering. Beberapa contoh limbah yang dapat kita manfaatkan yaitu limbah kertas, kardus, kerang, batok kelapa, kayu, tissue, serta contoh-contoh lain. Limbah or-ganik kering ini merupakan limbah yang tidak memiliki kandungan air tinggi atau kandungan air yang dimiliki cukup rendah.

Jika dalam pemakaian suatu produk dalam jumlah yang berlebih, lalu dibuang begitu saja secara sembarang, maka akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Maka dari itu, manfaatkan limbah jenis ini karena jumlahnya yang banyak untuk mengurangi pencemaran terhadap lingkungan.

Limbah organik dan non organik dapat kita manfaatkan menjadi sebuah kerajinan yang indah, tidak jauh berbeda dari limbah organik basah. Limbah or-ganik kering ini juga dapat dibentuk menjadi beberapa bentuk kerajinan tangan.

Contohnya dengan memanfaatkan limbah kertas yang dapat diolah ulang menjadi berbagai kerajinan seperti sandal, wadah tissue, bunga, taplak meja, bineka, vas bunga, dan lain sebagainya. Contoh lain yang memanfaatkan limbah organik keraing ada pada limbah cangkang kerang yang dijadikan menjadi kerajinan seperti anting-anting, kalung, kepala cincin, gelang, hiasan pigura, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

Pengelolaan Limbah Organik

pengelolaan limbah organik
rumahmesin.com

Pengolahan sampah organik kering tidak jauh berbeda atau bahkan lebih mudah dari pada pengolahan untuk limbah or-ganik basah karena limbah jenis ini sudah bersifat kering. Tapi jika limbah kering ini terdapat beberapa kandungan air walaupun hanya sedikit, lakukan pengeringan dengan bantuan alat pengering atau sinar matahari.

Hal tersebut agar dapat kita manfaatkan menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan yang dapat berguna dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sebagai individu yang baik, kita harus memikirkan bagaimana cara memanfaatkan setiap peluang yang ada, jangan hanya membuat sampah dan mengotori lingkungan hingga polusi udara.

Di atas merupakan penjelasan singkat mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Limbah Organik.

Limbah hadir secara terus-menerus melalui sisa-sisa dari pemakaian yang sudah tidak lagi digunakan oleh manusia. Jika kehadiran limbah tidak kita kelola dengan baik, maka akan mengakibatkan polusi terhadap lingkungan.

Limbah organik hadir dengan presentase lebih besar dari limbah non organik. Dengan ciri limbah or-ganik yang dapat dengan mudah untuk terurai oleh bakteri dan alam.

Sampah jenis ini juga dapat lapuk dengan sendirinya menjadi bagian yang lebih kecil, hal ini biasa disebut sebagai kompos yang berasal dari kotoran makhluk hidup dan menjadi pupuk alami yang dapat menyuburkan tumbuhan.

Leave a Comment