Cita Rasa Makanan Khas Jawa ini Bakal Buat Agan Ngiler

Indonesia telah populer dengan kesopanan warganya. Disamping itu, bangsa kita ini pun terkenal melalui kulinernya yang enak dan berlimpah rempah. Di Jawa telah populer melalui berbagai kuliner yang khas dan bernilai cita rasa luar biasa. Makanan khas Jawa umumnya memiliki ciri rasa gurih, pedas ataupun manis. Berikut ini akan kami deskripsikan 5 makanan khas Jawa yang biasanya menjadi target pencarian para wisatawan.

Bakso Malang

Makanan khas jawa Bakso Malang
@resepkoki.id

Bakso Malang merupakan salah satu macam bakso yang terbanyak dicari. Makanan khas Jawa Timur tersebut memiliki ragam isi yang lebih banyak ketimbang bakso yang lain. Secara umum yang ada pada sajian bakso malang dalam satu mangkok terdapat pangsit yang digoreng, bakwan goreng, bakso, tahu goreng, sayuran, dan mie.

Dipadu dengan guyuran kuah kaldu sapi yang mantab dan campuran sambal, saos serta kecap membuat makanan khas Jawa ini tak akan lekang oleh waktu. Dihargai dengan nominal harga Rp 8000 sd Rp 12000 semangkuk, membuat bakso Malang objek buruan traveler yang tidak jarang berwisata ke Jatim.

Baca Juga: Tempat Makan Empal Gentong Terkenal di Kota Cirebon

Gudeg Jogja

Makanan khas jawa gudeg Jogja
@oddav.com

Hampir sebagain besar pelancong yang mengunjungi Yogyakarta biasanya mencari gudeg guna disantap. Kuliner khas yang sudah eksis sedari era proklamasi ini dihasilkan dari nangka yang masih muda juga irisan daging kambing. Gudeg Yogyakarta tersohor dengan sensai rasa yang lezat sebab dibuat menggunakan bumbu santankelapa juga bumbu rempah.

Rasa Gudeg yang enak dan pedas bakal makin maknyus kalau disantap dengan ditemani nasi hangat, telur ayam rebus juga serundeng. Seporsi nasi gudeg Yogyakarta

Jogja seringnya dikasih murah sehargadengan harga kisaran 20000an.

Baca Juga: Makanan Khas Cirebon Yang Paling Dicari

Seblak Kediri

Makanan khas jawa Seblak Kediri
@kulinerkediriraya.com

Kota Kembang, Bandung sudah terkenal seperti sumbernya kuliner lezat. Hampir semua makanan khas Bandung menjadi favorit warganya, sehingga tidak heran jika banyak pelancong yang plesiran ke kota berjuluk kota Kembang suka berburu makanan khas di sana.

Seblak adalah makanan asli Bandung yang mudah proses pembuatanya. Hanya terdiri dari kerupuk mentah yang direbus setelah itu dicampur dengan saos pedas. Saat ini sudah begitu banyak variasi jenis seblak. Ada seblak kerupuk, seblak makaroni, seblak ceker, dan seblak tahu. Tetapi dijamin, kalau kalian senang pedas, segala macam seblak dijamin akan tetap terasa sedap.

Rujak Kangkung Cirebon

Makanan khas jawa Rujak Kangkung Cirebon
@picbon.com

Rujak kangkung sebenarnya sama populernya dengan bakso. Tetapi makanan khas Jawa yang satu ini memiliki rasa yang lebih nikmat dibandingkan rujak kangkung yang lainnya.

Rujak kangkung Cirebon memiki aroma yang lebih terasa sebab terdapat campuran petis udang. Kota Cirebon sebenarnya sudah terkenal karena udangnya, oleh karena itu tidak salah jika petis Cirebon begitu kaya dengan udang. Selain rujak kangkung ada jugan makanan khas lainnya eperti nasi jamblang Cirebon.

Pada rujak kangkung Cirebon pada umumnya berisi kangkung disertai potongan timun. Bumbunya saja terdiri dari cabai, bawang merah, garam, petis dan pisang muda yang dihancurkan jadi satu setelah itu ditambahkan sedikit air. Setelahnya baru kangkung dan irisan timun yang dicampurkan. Untuk harga, rujak kangkung Cirebon masih termasuk murah. Yaitu Rp 7000 – Rp 10000 an.

Baca Juga: Aneka Macam Oleh-oleh Khas Kota Cirebon

Nasi Pecel Tulungagung

Makanan khas jawa Pecel Tulungagung
@picbon.com

Dimana lagi bisa menemui nasi pecel yang sedap jika bukan di kota marmer, Tulungagung. Makanan istimewa Jawa Timur ini identik dengan sambal pecel yang dituangkan di atas nasi hangat.

Nasi pecel Tulungagung biasanya disantap ketika pagi hari untuk sarapan. Untuk satu nasi pecel, seringnya terselip tempe goreng, tahu goreng dan rempeyek. Namun bila berkenan, traveler yang akan mencoba nasi pecel bisa menggunakan lauk lain seperti telur goreng atau daging ayam.

Satu porsi nasi pecel biasanya dibandrol dengan harga Rp 4000 – Rp 12000an. Keseluruhan harga umumnya disamakan dengan lauk yang diinginkan oleh traveler.

Sekian penjabaran singkat tentang 5 makanan khas Jawa yang umum dibuat buruan traveler. Jadi jangan lewatkan agar mencicipi makanan khas di daerah kalian traveling.

Leave a Comment