5 Oleh Oleh Khas Cirebon Sangat Cocok Untuk Buah Tangan

Setelah berwisata ke daerah Cirebon belum lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Artikel ini mengulas lengkap oleh-oleh khas Cirebon.

Cirebon merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan dari kota ini sangat wajib untuk anda nikmati baik sendiri maupun bersama-sama. Cirebon menyimpan banyak sekali tempat wisata serta jajanan yang sangat menarik untuk anda coba. Begitu juga dengan makanan jawa yang sangat khas dan menjadi menu favorit para wisatawan.

Beragam makanan tersedia dengan rasa yang begitu khas. Bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Cirebon kekinian, maka tidak perlu khawatir lagi. Kami akan membahas lengkap oleh-oleh khas Cirebon yang menarik.

Kota yang satu ini memang banyak memiliki wisata dengan daya tarik yang begitu unik. Namun, untuk kuliner yang ada sendiri juga begitu menarik dan mengoda selera. Dengan begitu, anda masih dapat memilih buah tangan yang dapat dibawa sesudah berkunjung ke kota Cirebon ini.

Tentu, oleh-oleh yang dibawah sangat cocok untuk diberikan kepada sahabat maupun saudara. Untuk mencarinya sendiri tidaklah terlalu sulit, karena tersedia banyak toko yang menyediakan jajanan Cirebon. Kami akan rangkum dibawah ini oleh-oleh khas Cirebon terlengkap.

Daftar lengkap Oleh-Oleh Khas Cirebon

Terdapat banyak sekali kuliner yang dapat dijadikan untuk oleh-oleh pada saudara maupun teman. Berikut lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Rengginang

oleh-oleh khas Cirebon Rengginang
@BantenWisata.com

Oleh-oleh yang satu ini memang sangat dikenal oleh masyarakat. Rengginang Cirebon memiliki ciri khas tersendiri. Dimana jika biasanya rengginang memilki bentuk yang kotak maupun bulat besar. Namun, di Cirebon ini bentuknya lebih kecil dan bulat seperti kelereng.

Lalu bagaimana untuk rasa yang ada? Sudah pasti memilikir asa udang yang sangat renyah dan dipadukan dengan gula aren pilihan. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati secara bersama-sama. Harga oleh-oleh khas Cirebon ini sangatlah murah dan cocok untuk dibawa !

2. Serabi

oleh-oleh khas Cirebon
@aryanirahmadita.blogspot.com

Makanan tradisional yang dibuat dengan bahan dasar tepung gula serta telur ini sangat laris di daerah Cirebon. Untuk pengolahannya sendiri masih menggunakan cara-cara tradisional yaitu dengan metode panggang dengan bara api. Sangat mudah untuk menemukan penjual serabi terutama pada pagi hari.

Makanan yang satu ini tentu sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat. Namun, perlu anda ingat bahwa makanan ini tidak disarankan untuk membawa pada area yang jauh. Orang cirebon ada yang memakannya dicampur dengan empal.

3. Terasi udang Cirebon

oleh-oleh khas Cirebon Terasi Udang
@cirebonmedia.com

Masih kurang rasanya jika berkunjung ke kota Cirebon namun belum membawa oleh-oleh yang tepat. Olahan udang mencari sasaran utama para pengunjung dalam menemukan olahannya. Terasi udang cirebob memiliki daya tarik tersendiri untuk kemudian dapat dijadikan sambal yang begitu menggoda selera. Oleh-oleh yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan dengan harga yang begitu terjangkau.

4. Kue gapit

oleh-oleh khas Cirebon Kue gapit
@kulinernasional.com

Kue kekinian yang wajib untuk dibawa sebagai oleh-oleh yaitu kue gapit. Kue ini memiliki bentuk seperti keripik kentang yang diolah dengan tipis. Untuk rasa yang diberikan tentu sangat khas dan cocok untuk semua kalangan.

Bahan dasar dari kue Cirebon ini yaitu tepung tapioka dengan berbagai macam toping yang dipakai. Jangan salah, kue ini bukanlah digoreng namun di panggang untuk memberikan rasa yang tetap dikenal.

5. Kerupuk rambak

oleh-oleh khas Cirebon Kerupuk Rambak
@arah.com

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon namun tidak mencoba kerupuk ini. Kerupuk rambak merupakan salah satu camilan khas Cirebon. Terbuat dari kulit sapi yang disamak serta dibersihkan dengan cepat. Selanjutnya, kerupuk ini digoreng dengan minyak yang cukup panas.

Tekstur dari kerupuk ini sangat renyah dan begitu gurih. Sangat cocok untuk teman makan bersama-sama dirumah. Terlebih, kerupuk kulit Cirebon ini memiliki masa waktu kadaluarsa yang lama.

Bagaimana, apakah anda sudah menemukan oleh-oleh khas Cirebon yang tepat? Beberapa pilihan diatas semoga dapat dijadikan rekomendasi yang tepat dalam memilih oleh-oleh. Selain itu, pastikan untuk tetap memilih oleh-oleh yang sesuai !

Leave a Comment