10 Tips Touring Ke Pantai Pangandaran

Hay guys. .

Harimu gimana?

Uda pernah ngetrip ke pantai pangandaran belum nih ?

Sekarang saya akan berbagi cerita tips saat perjalanan ke pangandaran.

Mau tau? Simak kelanjutan ceritanya berikut.

Pangandaran

Pangandaran merupakan sebuah kabupaten di wilayah selatan jawa barat yang mempunyai banyak tempat wisata. Bagi kalian yang hobi petualang dan perjalanan wajib hukumnya untuk menjelajahi wilayah pangandaran.

Beberapa tempat wisata yang ada di pangandaran diantaranya:

• pantai pangandaran
  • santirah
  • gua lanang
  • cagar nasional alam

Silahkan bagi para pen-trip dan adventure sejati untuk menjelajahi wilayah-wilayah tersebut.

Tips

Kali ini saya bersama teman melanjutkan episode perjalanan ke pantai pangandaran. Kami melakukan perjalan menggunakan motor. Maka safety bagi kami adalah suatu hal yang sangat penting.

Dalam melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Kalian harus melakukan persiapan yang matang dari segi fisik pengendara dan kondisi sepedea motor itu sendiri.

Pengendara dan sepeda motor harus memiliki kondisi yang prima dalam menempuh jarak yang jauh. Hal  ini dikarenakan untuk menjaga keselamatan pengendara.

Pemeriksaan part-part motor sebelum perjalanan jauh itu harus dilakukan, diantaranya

1. Ban

Ban merupakan part motor yang bersentuhan bersentuhan langsung dengan aspal. Maka pastikan kondisi ban luar tidak gundul. Ban dalam juga harus dalam kondisi prima. Pastikan juga ban dalam tidak bocor.

1. Oli

Oli merupakan minyak pelumas mesin motor. Berfungsi untuk mengurangi gesengan antar komponen mesin motor agar mesin motor tidak cepat aus. Maka cek terlebih dahulu minyak pelumas kalian pastikan dalam kondisi prima.

1. Asesoris

Perjalanan jauh dengan menggunakan motor harus safety. Asesoris pelengkap keamanan saat berkendara juga harus lengkap. Beberapa diantaranya seperti sepasang spion, helm SNI, sarung tangan, masker, jaket, jeans, sepatu, pelindung lutut, pelindung lengan, dan rompi dada.

Journey to Pangandaran Beach

Motor sudah dalam kondisi prima. Kami berenam bersiap untuk menuju titik kumpul pemberangkatan di kosan mas badru.

Tepat pukul 14.30 kami berenam perlahan-lahan pergi meninggalkan kota purwokerto.

Tes tes air nempel dikaca helm. Semain desar air yang jatuh dari langit. Kami meminggirkan kendaraan menunggu hujan reda.

Waktu sudah lewat 10 menit dan hujan mulai redah. Kami melanjutkan perjalanan, selama perjalanan dengan posisi motor berbaris kebelakang.

Seperempat perjalanan kami istirahat selama 15 menit untuk shalat dan mendinginkan mesin motor. Bagaimanapun shalat itu kewajiban bagi umat muslim. Terlebih-lebih kita lagi dalam perjalanan jauh. Jadi harus lebih banyak berdo’a meminta keselamatan.

Hari semakin gelap dan terlewatilah tugu selamat datang kabupaten banjar. Kami berencana bermalam di rumah mas robi untuk istirat dan perjalanan dilanjutkan besok.

Keesokan harinya setelah shalat shubuh kami diajak jalan kaki keliling ke sekolah SMA nya mas robi

Ngerr-ngerr mesin motor mulai dipanasin. Suatu tanda perjalanan akan segera dilanjutkan kembali. Selang beberapa menit kami berenam meninggalkan banjar. Selama kurang lebih 1 jam setengah kami sampai di pantai pangandaran.

Suasana pantai yang ramai dengan gemuruh liukan ombak samudera terdengar ketelinga. Membuat saya lebih semangat untuk segera bermain air dan pasir pantai.

Pasir Putih

Robi memanggil kita semua, dia menyarankan gimana kalau kita menyerang naik perahu ke pasir putih. Disana pasirnya putih loh dan banyak monyek juga. Biasanya para wisatawan menyebrang kesana. Masa kita udah nge-trip jauh-jauh dari purwokerto tidak nyebrang kesana?.

Kami berenam menyebrang kepasir putih. Waktu itu biaya penyebrangan sekitar 40rb/orang sudah termasuk keamanan, keliling bangkai kapal, penangkaran penyu, berenang dilaut.

Tibalah kami dipasir putih. Tidak pakai lama pakaian langsung pada ganti.

Byaaar…yopi berenang di laut. Begitu asik dia berenang, seperti oarang yang baru ketemu dengan air laut.

Yopi bilang air laut ini mempunyai manfaat untuk tubuh.

Air laut mengandung garam dan mineral alami yang sangat berguna bagi tubuh kita. Beberapa mineral itu diantaranya potasium, potasium sulfat, magnesium, zat besi, boron, sodium, dan masih banyak lagi. Beberapa mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh kita. Maka dari itulah kenapa air laut mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan garam yang ada didalam air laut memiliki kesehatan bagi kulit. Banyak spa-spa di internasional yang menggunakan garam laut dalam pelayanan perawatan spa mereka.

Saya sendiri bersama teman yang lain asik bermain dengan pasir laut. Sarip kami kerjai badannya ditimbun sama pasir sampai tidak bisa bergerak. Terus kami tinggal.

Pasir laut memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Banyak dimanfaatkan untuk menghaluskan telapak kaki, lengan, telapak tangan, dan badan. Hal ini dikarenakan adanya efek eksfoliasi pasir laut.

Kawanku yang satunya lagi asyik banget mengerjain monyet. Kebetulan tempat pasir putih ini termasuk kawasan suaka marga satwa atau pelestarian monyet.

Melihat jam ternyata kami sudah asik bermain selama 1 jam. Pantas saja saya sudah merasakan lelah.

Bangkai Kapal dan Banana Boot

Pak supir perahu yang mengantar ke pasir putih kami panggil kembali. Perahu mulai beranjak menjauh dari kawasan pasir putih dan pelestarian monyet.

Kami dibawa berkeliling melihat bangkai kapal. Bangkai kapal ini merupakan bekas kapal penangkapan ikan milik negara lain. Kapal ini ditangkap oleh petugas kelautan karena tidak memiliki surat ijin penangkapan dan melewati Zona Economy Exclusive(ZEE).

Petugas kelautan membawa kapal ini kepinggir pantai pangandara. Sesuai dengan instruksi Ibu menteri susi bahwa kapal ini harus dihancurkan. Hancurlah kapal tersebut dengan peledak. Ini merupakan suatu contoh pelajaran bagi yang melanggar aturan.

perahu mulai bergerak kembali kenuju kepinggir pantai pangandaran. Tiba-tiba saya yopi bilang ke pak supir “pak mainan banana boot disini”. Banana boot yang dimaksud yopi adalah sayapnya perahu.

Yopi mulai menaiki banana boot tersebut dan perahu digas. Teriakan yopi sangat keras karena adrenalinnya terpacu oleh gelombang tingginya pasang air laut dan hempasan-hempasan air.

Kami semua mencoba menaiki banana boot. Ada yang di sayap kanan dan ada yang di sayap kiri. Kurang lebih selama 30 menit kami asik bermain. Setelah capek bermain banana boot, kali ini kami benar-benar mendarat dibibir pantai pangandaran untuk istirahat.

Setelah 1 jam istirahat dan ganti pakaian kami memutuskan untuk pulang ke purwokerto akan tetapi mampir sebentar di rumah robi untuk mengambil bekal perjalanan ke purwokerto.

Tepat waktu Isya kami berenam sampai di purwokerto. Bekal yang tadi dibawa akhirnya kami makan bersama-sama di kosannya robi.

Semua foto hasil dari petualangan tadi saya bagikan semua temen-temen. Mereka ketewa melihat fotonya sendiri. Mungkin karena kocak saat bermain di pantai pangandara.

Itulah sekelumit kita saya bersama temen-temen saat berpeluatang ke pantai pangandaran.

Nantikan kisah-kisah selanjutnya di channel oddav.com