Pengertian Seni Musik Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Hampir semua orang menyukai musik, karena dengan musik dapat menambah semangat, maupun menghibur hati yang sedang sedih. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui pengertian seni musik tersebut.

Seni musik merupakan salah satu cabang kesenian yang berfokuskan di bidang musik. Yakni perpaduan vocal, nada, irama, melodi, tempo, yang berkolaborasi menjadi kesatuan keharmonisan musik.

Berdasarkan pengertiannya, seni musik dibagi menjadi dua kategori besar yaitu pengertian seni musik secara umum, dan pengertian seni musik menurut para ahli.

Banyak para ahli musik ternama yang mendefinisikan seni musik sebagai suatu karya yang muncul dari gejolak jiwa untuk menyampaian rasa dalam bentuk irama, dan melodi yang berbeda-beda. Berikut ini kami berikan berbagai penjelasan pengertian seni musik menurut parah ahli, dan secara umum

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

pengertian seni musik menurut para ahli
@dansmedia.net

1.David Ewen

Adalah seseorang yang ahli dalam bidang keilmuan musik, dan telah meneliti , mengkaji seni musik. Sehingga David Ewen Membuat karya buku tentang keilmuan musik sebanyak 40 judul

Pada salah satu buku karya miliknya mengungkapkan bahwa pengertian seni musik ialah sebuah dasar ilmu seni dan pengetahuan yang di ungkapkan dengan gaya ekspresi emosional jiwa melalui alunan irama ritmik, melodi, nada, harmoni, dan tempo.

2. Normal Dello

Normal Dello Adalah Seseorang mempunyai jiwa musik yang tinggi cabang musik komposer. Sehingga sampai saat ini namanya sangat terkenal di Amerika

Beliau mendefinikan Seni musik sebagai keterampilan seni untuk para pelaku seni musik, agar dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang musik maupun selainnya.

3. Pengertian Musik Menurut Suhastjarja

Beliau adalah seorang akademisi yang memiliki profesi sebagai salah satu staf pengajar senior Fakultas Seni Indonesia

Suhastjarja mengatakan pengertian seni musik adalah sebuah hasil dari ide pemikiran yang mempunyai keindahan di tuangkan dalam konsep nada, harmoni, dan irama.

Ketiga Tokoh seni tersebut sering dijadikan sebagai acuan referensi ilmu pengetahuan tentang seni. Adapun pengertian seni musik menurut yang lainnya adalah

4. Jamalus

Jamalus menjelaskan pengertian seni musik adalah sumber hasil pemikiran dan perasaan seseorang yang di terapkan dalam unsur-unsur seni musik yaitu harmoni, irama, tempo, dan Nada. Sehingga dapat tercipta suatu lagu.

5.Lexicographer

Beliau adalah salah seorang pakar seni musik terkenal di Dunia. Menurutnya seni musik adalah suatu karya dari beberapa unsur musik yang berpadu menjadi satu.

Unsur musik tersebut meliputi nada, ritmis, harmoni, dan melodi. Bergabung menjadi satu dan melibatkan perasaan emosional pembawanya.

6. Shcopenhauer

Adalah seoraang yang ahli filsafat musik. Mengatakan bahwa musik itu bagian dari unsur-unsur melodi yang mempunyai syair irama alam semesta

Pengertian Seni Musik Secara Umum

seni musik secara umum
@brad.erva-doce.info

Seni musik adalah salah satu dari cang ilmu seni yang memiliki ciri khusus pada alunan nada, Vocal, harmoni, dan irama dengan ritme tententu. Seni musik memiliki peran sebagai tempat menuangkan rasa maupun emosi seseorang yang ada dalam pikiran dalam bentuk nada dan lagu.

Setelah saya jelaskan beberapa macam pengertian kesenian musik secara umum maupun menurut parah ahli, saya yakin anda sudah mengerti apa itu seni musik. Terdapat pula beberapa pengertian baru mengenai seni musik modern dan tradisioan.

Seni musik modern dan tradisonal memiliki perbedaan yang banyak beberapa diantaranya adalah dari bentuknya maupun prinsip dalam memainkan alat seni musik tersebut.

Contoh Seni Musik

contoh musik
@Wall2born.com

Banyak sekali irama yang dihasilkan dari perpaduan alat musik yang dapat menimbulkan berbagai macam instrument nada maupun temponya. Sehingga seni musik terbagi lagi dalam beberapa jenis musiknya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Seni Musik Tradisional

Musik tradisional adalah seni musik yang berasal dari daerah. Adapaun ciri khusus seni musik tradisional adalah alat musik yang tradisional, irama nada yang santai dan tempo atau ritme yang pelan. Vocal nada yang digunakan dalam seni musik tradisional adalah vocal daerah.

2. Seni Musik Modern

Merupakan kesenian musik yang memiliki unsur nada tempo yang cepat dan telah dimodifikasi dengan beberapa bantuan teknologi di instrumennnya.

Beberapa contoh musik modern ini diantaranya ada pada band musik modern seperti band armada, republik, nidji, dll.

Pengertian Seni Musik Tradisional

seni musik tradisional
@http://blogke1peter.blogspot.com

Musik tradisional adalah musik yang biasanya berasal dari daerah, muncul secara turun temurun dikalangan masyarakat. musik tradisional sering dijadikan sebagai sarana hiburan pada acara adat di masyarakat.

Seni musik tradisional meliputi alat musik, lagu dan vocal. ketiga unsur tersebut berasal dari ajaran musik yang diturunkan ke anak cucunya. Sehingga seni musik tradisional dijadikan ciri khas warisan kesenian musik Indonesia.

Didalam penggunaannya, musik tradisional ini tidak terpengaruh perkembangan zaman baik, baik secara instrument musiknya maupun alat musik. Musik tradisional selalu mempertahannya nilai-nilai khas tradisinya.

Pengertian Seni Musik Modern

seni musik modern menurut para ahli
@Kata.co.id

Perkembangan industri musik dunia sangat cepat. Sangat memungkinkan sekali jika ada berbagai teknologi modern yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan performa musik. Banyak tokoh musik memberikan berbagai definisi tentang seni musik modern. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Subiyakto

Pada tahun 2006 Subiyakto terkenal sebagai pakar musik. Sehingga pada waktu itu dia mendefinikan seni musik modern merupakan sebuah teknologi yang memberikan sentuhan khusus terhadap instrumen-instrument musik. Sehingga dapat mempengaruhi nada maupun unsur musik itu sendiri.

Camus

Camus adalah seorang pakar seni musik di tahun 1988. Beliau menjelaskan pengertian seni musik modern, bahwa seni musik moder itu lahir dari perkembangan budaya

Pengertian musik modern menurut Camus adalah musik yang terlahir karena adanya budaya modern contohnya band, marching band, orkestra simponi dan konser, yang pada umumnya berorientasi pada kebudayaan populer.

Bentuk Seni Musik

Bentuk musik
@http://ayomengajarindonesia.blogspot.com

Dalam industri musik, seni musik terbagi dalam tiga bentuk yaitu musik campuran, musik vocal, dan musik intrument. Ketiga tiganya memiliki ciri sendiri dan penggunaanya juga berbeda. Berikut ini penjelasannya

1.Musik Campuran

Musik campuran adalah seni musik dari hasil kombinasi antara vocal dengan instrument. Contohnya terdapat pada band-band musik maupun organ dangdung. mereka biasa memainkan musiknya dengan mamainkan alat musik untuk mengeluarkan bunyi intrumental, dan vokalis orang untuk menyanyikan sebuah lagu.

2.Musik Vocal

Merupakan bentuk musik yang hanya mengandalkan suara vocal manusia. Biasanya bentuk musik ini ada pada paduan suar, vocal grup, dan duet vocal. Contoh lainnya dapat kita lihat ketika menonton konser musik orang menyanyikan sebuah lagu. Orang yang menyanyikannya itu merupakan salah satu bagian dari vocal musik.

3.Musik Instrument

Musik instrument adalah musik yang hanya mengandalkan bunyi yang dikeluarkan dari alat-alat musik. Bunyi tersebut mengeluarkan bunyi dengan ritme dan tempo yang harmoni sehingga dapat terdengarkan harmonika musik yang sangat indah.

Selain itu bentuk musik instrument ini dapat dimanfaatkan untuk iringan musik belajar, maupun ketika tidur, karena dapat menenangkan pikiran, dan membuat rileks.

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: