Strategi Jitu Dalam Olahraga Bola Volly

Assalamau’alaikum.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang keseruan bermain bola volly bersama teman seangkatan dan senior pesantren sintesa.

Tulisan ini buat untuk melanjutkan tugas menulis artikel dari guru sintesa. Ada beberapa tulisan saya sebelumnya yang tidak kalah seru ceritanya. Kalian bisa langsung saja klik disini

O….iya kalian sudah tahu belum pesantren sintesa itu apa?

Secara ringkas menurut pandangan saya pesantren sintesa merupakan pesantran yang berorientasikan kepada Al Quran dan Internet Marketing (SEO). Dengan suatu ekosistem yang islami. Kalian pasti penasaran dengan pesantren sintesa. Yuk kepoin, langsung saja kli disini yaaa.

Jadwal Bermain Volly

Pesantren sintesa memiliki jadwal yang sangat teratur. Dikarenakan kita sering duduk dihadapan laptop, maka rutinitas olahraga merupakan suatu hal yang wajib diikuti oleh setiap santri. hal ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi kesehatan para santri itu sendiri.

Dari semua jumlah santri terbagilah menjadi 2 kelompok besar jadwal olahraga. Ada dua jenis olahraga yang sering saya lakukan yaitu bola volly dan sepak bola.

Pada hari jumat kemaren tanggal 2 maret 2018. Kebetulan saya dapat giliran jadwal bermain bola volly.

Setelah shalat Ashar kami langsung bergegas untuk siap-siap ganti pakaian dan kumpul di lapangan volly. Saya sebenarnya tidak begitu bisa memainkan bola volley apalagi ditambah dengan kondisi tangan saya yang lemah. Akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat saya bermain bola  volley

Lapangan volley yang kami gunakan meruypakan lapangan tanah rumput biasa yang dibeberapa spot area terdapat tumbuhan berduri.

Inilah menariknya bermain bola  volley  disini. Karena tidak ada seorangpun yang bermain bola volley menggunakan sepatu.

Pembagian Tim

https://www.lucidchart.com

Sekitar 15 santri dari angkatan saya dan senior berkumpul di lapangan volly. Kami bersama-sama berdo’a agar segala aktivitas dapat berjalan dengan baik.

Terbagi menjadi 3 tim besar. Perwakilan dari 3 tim melakukan suit untuk menentukan tim siapa yang akan bermain terlebih dahulu. Hasil dari suit tersebut, ternyata tim kami (tim 2) menunggu satu pertandingan dahulu yang dimulai dari tim 1 melawan tim 3.

Sambil menunggu giliran bermain, saya atau tim kami mengamati strategi tim lawan. Didalam olahraga volly harus mempunyai strategi yang baik. karena strategilah yang akan menentukan kemenangan.

Formasi Dan Strategi Bola Volly

http://srebanas.com

Didalam permaianan bola volly ada beberapa formasi penting baik dalam posisi menyerang maupun bertahan. Beberapa diantaranya adalah

Jenis teknik mengumpan

Secara teori olahraga bola volly terdapat beberapa teknik mengumpan, diantaranya adalah

  • umpan bola tinggi dari luar, umpan ini diletakkan disebelah luar kiri lapanagan. pada umpan ini, penyerang wajib bergerak ke atas bola.
  • umpan bola semi, umpan ini dilakukan posisi bola diatas dahi segari dengan sumbu badan.
  • Umpan bola quick, umpan ini dilakukan dengan cara mengumpan bola tepat di depan smasher. Ketinggian bola 0,5-1 meter diatas net
  • Umpan bola straight, yaitu umpan dorongan bola yang lebih dominan dibanding gerakan. Bola diatas net bergerak cepat dengan jarak 20-50 cm dari net.

Melakukan Gerakan Mematikan

Didalam melakukan gerakan mematikan pada olahraga bola volly  terbagi dalam 3 metode penyerangan yaitu TIP, spike pelan, dan spike keras.

Jenis-Jenis Smash

Pada umumnya dalam olahraga bola volly terdapat beberapa jenis smash, diantaranya adalah

  • Semi smash, semi smash dilakukan setelah bolah diumpankan oleh tosser, dan pemukul mendekat ke arah umpan tersebut dan meloncat melakukan smash.
  • Quick smash. Smash ini dilakukan dengan cara bola dipassing ke pengumpan, dan pemukul melakukan permulaan yang cepat dengan  timing  yang sangat tepat.
  • Straight smash. Smash ini dilakukan dengan awalan terlebih dahulu, pemukul bergerak mendekati pararel dan jaring . Pada saat bola sampai tepian net, pemukul segera melompat langsung untuk melakukan smash.

Olahraga bola volly pada umumnya menggunakan formasi yang berbeda-beda. Formasi ini ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan lawan dan kemampuan tim kawan.

Strategi permain bola volly ditentukan berdasarkan tingkat spesialisasi para pemainnya. Ada yang hanya sekedar menjadi tosser, middle blocker, blocker tengah, smasher kanan, smasher kiri, setter.

Yah, itulah sedikit yang saya tahu teori tentang bola volly.

Skor Tertinggal Jauh

http://pcb-jogja.blogspot.co.id

Permainan sebelumnya dari tim 1 melawan tim 3 menghasilkan kemenangan bagi tim 1. Peraturan bola volly disini ialah barang siapa yang menang maka akan terus bermain melawan tim-tim yang lain. Akhirnya tibalah saatnya tim saya bermain. Pikir saya inilah saatnya menunjukan kemenangan.

priiiit wasit meniupkan kode dan permainanpun mulai. Beberapa waktu kemudian tim kami kualahan, hal ini dimungkinkan karena kurangnya kordinasi dan team work. Alhasil tim kami skornya tertinggal jauh 14-5. Akan tetapi hal itu tidak mensurutkan semangat kami.

Bangkit Dari Kekalahan

http://hai.grid.id

Akhirnya tim kami bangkit, belajar membentuk kordinasi tim dan team work yang baik demi menyusul ketertinggalan skor. Umpanan dan smash-an  tim kami mulai akurat.

Tak disangka-sangka kami berhasil mengejar skor yang tertinggal. Hal ini semua karena Allah, tim kami berhasil mengejar skor dan dapat memenangkan pertandingan kali ini.

Pertandingan selanjutnya tim kami melawan tim 3. Hasilpun tetep sama yaitu tim kami lagi yang menang.

Setelah kemenangan yang kedua, tim kami melawan lagi dengan tim 1 dan hasilnya juga tetep sama yaitu tim kami yang menang.

Mungkin pertandingan yang ketiga ini merupakan pertandingan kemenangan terakhir bagi tim kami. karena setelah mengalami kemenangan 3 kali secara berturut-turut maka tim kami harus diistirahatkan.

Semua personil kami istirahat dan menyaksikan pertandingan tim 1 melawan tim 3.

Belum sampai batas skor. Pertandingan bola volly di hentikan karena mengingat jadwal menunjukan sudah selesai.  Disini bagi tim yang kalah wajib mencopot net dan disimpan ke penyimpanan seperti biasanya.

Setelah pertandingan volley selesai. kami semua beristirahat sejenak diaula tempat biasa kami belajar.

Sambil minum kami mengobrol tentang pertandingan barusan. Pertandingan  volley  yang biasa kami lakukan ialah pertandingan yang hanya untuk sekedar mengeluarkan keringet saja dan memumuk rasa kebersamaan atau ukhuwah islamiyah.

Jadi olahrag volley kami tidaklah seprofesional pertandingan bola volley di TV.

Didalam pertandingan bola volley yang kami lakukan terdapat beberapa point penting diantara ialah

  • Ikutlah bermain atau hanya sekedar gabung demi terciptanya suatu ukhuwah islamiyah dan kebersamaan.
  • Bangunlah kerjasama tim agar mendapatkan kemenangan.
  • Pilihlah seseorang untuk mengatur strategi dalam tim.
  • Lakukan umpan-umpan atau smash yang mematikan.
  • Bermainlah yang kompak.
  • jangan mudah menyerah, karena masih ada Allah. Lakukanlah usaha sebisa mungkin.
  • Bagi yang menang terus jangan sombong.
  • Bagi yang kalah terus jangan nyerah, lakukan latihan secara rutin. Inshaa Allah akan menang.
  • Lakukan pertandingan dengan keseriusan.
  • Jangan memaksakan sesuatu yang tidak mungkin. Karenak hal ini akan merugikan tim kalian.

Mungkin itu sedikit yang dapat ceritakan tentang salah satu aktifitas olahraga yang di pesantren sintesa. Dan nantikan kisah-kisah menarik lainnya disini.

Lakukan kegiatan hari-harimu dengan penuh manfaat :-).

Wassalamu’alaykum.

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: