Desain Taman Minimalis Sederhana Tapi Modern

Ide desain taman minimalis – Assalamu’alaikum, apa kabar sahabat oddav, marilah kita mengawali aktifitas dengan membaca Bismillah. Semoga langkah kita dihari ini penuh dengan keberkahan ya.

Di abad sekarang perkembangan teknologi semakin canggih. Dapat dibuktikan dengan banyaknya bangunan-bangunan besar yang menjulang ke langit, dan berbagai teknologi gadget mauput sistem informasinya.

Banyak orang-orang yang ingin tinggal di kawasan perumahan, karena menurutnya perumahan keamanannya lebih terjaga dan kondisi lingkungan yang sepi. Hal ini sangat cocok bagi orang yang mobilitas profesinya tinggi.

Akan tetapi perumahan biasanya memiliki ukuran rumah yang pas karena sudah terkapling. Sehingga pemilik rumah kesulitan untuk membuat taman yang indah dalam halaman rumah.

Bagi sahabat oddav yang mempunyai rumah minimalis dan ingin membuat taman didalamnya. Saya akan memberikan beberapa contoh terbaru desain taman yang unik dan cantik.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai macam-macam contohnya:

Pengertian Taman minimalis

taman minimalis depan rumah
Sumber: creohouse.co.id

Taman didalam lingkungan rumah mempunyai peranan yang sangat penting. Adanya taman akan membuat lingkungan sekitar kaya oksigen dan menambah kesejukan udara.

Sehingga orang dapat menikmati raja kesejukan, ketenangan dan kenyamanan ketika berada didalamnya.

Bayangkan jika disetiap rumah tidak memiliki taman, saya yakin lingkungan sekitarnya akan terasa tidak sejuk.

Kita dapat dengan mudah untuk memiliki taman di halaman rumah sendiri, yaitu dengan cara atau sistem pembuatan taman modern.

merupakan suatu area atau tempat kecil yang berada didalam halaman rumah yang tersusun dari beberapa ekosistem biotik dan abiotik seperti tumbuhan hias, tumbuhan air, kolam ikan, dan lain-lainnya.

Cara ini sebenarnya digunakan untuk orang-orang yang baru memiliki rumah yang sempit yang ingin mempunyai taman.

Selain itu karena desainnya yang minimalis, ini akan mempermudah pemilik untuk membangun taman impiannya.

Kenapa disebut sebagai taman minimalis?. Karena taman yang tersusun dari komponen biota maupun abiotik ini mempunyai ciri tempat yang sempit, sederhana sehingga dapat memudahkan pemilik untuk membuatnya.

Dengan ukuran yang sederhana dapat membuat anda lebih cepat mendesain. Desain seperti ini sangat banyak namun tidak sulit untuk membuatnya.

Baca Juga: Rumah Kayu dengan Desain Interior dan Eksterior Murah Tapi Mewah

Keunggulan Taman Minimalis

desain taman minimalis air mancur taman minimalis dengan batu alam gambar taman air minimalis
Sumber: sr-laboratory.com

Rumah yang mempunyai ukuran sederhana yang di dalamnya memiliki taman merupakan suatu nilai kelebihan tersendiri.

Dengan adanya taman tersebut akan membuat rumah tampak terlihat semakin indah, sejuk dan pastinya nyaman untuk dihuni. Terdapat beberapa desain pemasangan taman baik secara vertikal maupun horizontal. Dua-duanya memiliki kelebihan sendiri-sendiri.

Adapun kelebihan dari taman minimalis adalah desainnya yang mengikuti model rumah sehingga dapat dengan mudah untuk membuatnya. Kemudian jika menggunakan model taman vertikal maka akan mengefektikan sisa tempat halam rumah. Karena bentuknya menyusun keatas.

Taman yang disusun secara vertikal juga dapat mengurangi polusi udara, meminimalisir hama, mempercantik rumah, dan bisa menanam banyak.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa keunggulan dan keuntungannya:

1. Dibuat Pada Halaman Sempit

taman minimalis bali taman minimalis bambu taman minimalis bonsai
Sumber: pinimg.com

Sudah saya dijelaskan diatas bahwa taman minimalis merupakan taman yang sangat cocok untuk dibuat pada halaman rumah yang sempit, kecil, dan sederhana.

Kita dapat membuat taman kecil di tempat atau halaman rumah yang kosong dan tidak memerlukan area tanam luas.

Sistem yang seperti itu sering dijadikan referensi bahkan favorit bagi orang-orang yang suka dengan desain ekterior, keindahan, dan kecantikan sebuah rumah.

Maka dari itulah inshaa Allah saya akan membahas beberapa desain taman minimalis.

Kesimpulannya adalah taman minimalis memiliki keunikan sendiri yang mana desain dan penempatannya mudah untuk kita atur tanpa memakan waktu yang lama dan taman minimalis juga sebagai kesukaan hampir semua orang.

Baca Juga: Contoh Dekorasi Kamar Tidur Terbaru, Unik dan Sederhana

2. Save Money

save money
Sumber: greatperformersacademy.com

Keunggulan yang selanjutnya adalah kita dapat menghemat biaya untuk membuat taman.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat taman minimalis lebih murah dibandingkan membuat taman pada umumnya.

Seperti yang sudah dijelaskan. Banyak jenis desain taman minimalis ada yang vertikal dan horizon. Keduanya itu pengeluaran untuk membuatnya sangat murah.

Suatu harga dapat kita itung dari desain taman yang kita buat, bahan, dan luas areanya.

Sedangkan untuk taman minimalis cukup dengan area sederhana, beberapa jenis tanaman sudah cukup untuk membuatnya.

Jadi sudah jelas kesimpulannya adalah membuat taman minimalis lebih murah dibandingkan membuat taman biasa pada umumnya.

3. Mendesain Sesuka Sukanya

mendesain taman
Sumber: tamanminimalisku.com

Yaps. Selanjutnya adalah taman minimalis dapat kita desain dengan sesukanya kita.

Dapat kita desain sendiri maupun bersama dengan suami/istri dan anak-anak.

Saat liburan sering kita berkumpul bersama anak-anak istri/suami. Pada kesemptan itu dapat kita bicarakan kepada mereka tentang taman minimalis.

Orang dalam satu keluarga pasti mempunyai pemikiran berbeda-beda maka dari itu kita dapat membuat taman dengan desain yang berbeda-beda agar terlihat lebih unik.

Namun, Jika menuangkan ide desain bersama dengan orang lain. Harus kita perhatikan adalah gasasan orang lain.

Sehingga jika semua gagasan dan ide orang lain sudah dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Kita hanya tinggal menganalisis swotnya saja.

Cukup menganalisisnya dengan patokan rencana badget anggaran pengeluasan, ukuran taman, dan bahan-bahah.

Jika beberapa diantaranya sama bagus. Maka kombinasikannya beberapa cara tersebut.

Konsep Taman Minimalis

kemudahan membuat taman minimalis
Sumber: lifull-jasa.id

Telah dijelaskan pada bagian atas bahwa taman minimalis merupakan taman yang di bangun di dalam halam rumah dengan ukuran taman yang sederhana dan kecil.

Sedangkan untuk pengertian konsep sendiri adalah sebuah istilah dari arsitektur yang mempunyai arti sebuah gagasan pemikiran ataupun ide yang diba untuk dituangkan kedalam suatu karya yang nampak terlihat oleh mata.

Sedangkan menurut pengertian bahasa yang lain, konsep merupakan pemikiran manusia, ataupun pengetahuan ilmiah.

Desain Taman Minimalis

 taman minimalis belakang rumah taman minimalis lahan sempit
Sumber: gambarfurniturekeren.com

Setelah kita mengetahui semua pengertian taman minimalis, konsep taman minimalis, dan keunggulan taman minimalis. Selanjutnya saya akan menulis macam-macam contoh desain taman minimalis yang dapat dijadikan sebagai referensi anda.

Banyak desain taman minimalis yang bisa kita buat ada dengan cara susunan taman secara vertikal ada dengan susunan horizontal.

Selain itu juga bisa kitamenerapkannya dibeberapa tempat bagian halaman rumah yang menurutnya itu sangat bagus jika dibuat taman minimalis.

Berikut ini adalah beberapa contoh-contoh referensi dari desain taman minimalis:

Desain Taman Minimalis Di Lahan Sempit

taman minimalis depan rumah
Sumber: gambarfurniturekeren.com

Membuat taman minimalis dilahan sempit ini merupakan keunggulan, kenapa keunggulan?. Karena kita masih bisa berupanya untuk membuat lingkungan menjadi hijau dan kaya oksigen.

Adapun keunggulan dari taman minimalis ini adalah kita dapat membuat taman pada sisa halaman yang ada.

Diatas dapat kita lihat beberapa desain taman minimalis pada lahan yang sempit membuat rumah rampang menjadi cantik, segar, dan hijau.

Maka dari itu bagi anda yang tidak memiliki halaman rumah yang luas. Berusahalah untuk bersama-sama menghijaukan lingkungan kita dengan konsep taman minimalis.

Taman Minimalis Belakang Rumah

taman minimalis santai
Sumber: idea.grid.id

Contoh yang selanjutnya adalah sebuah taman minimalik yang berada di belakang rumah.

Kita tahu halaman rumah yang biasanya memiliki area yang sedikit luas ialah berapa di bagian belakang.

Dibagian belakang dapat kita buat untuk dijadikan taman minimalis, sekaligus tempat santai untuk keluarga. Ditambah dengan kesegaran udara yang dihembuskan melalui taman tersebut. Akan membuat suasanya menjadi nyaman dan tubuh menjadi rileks ketika berada didalamnya.

Menurut saya pribadi, dalam membuat taman minimalis di belakang rumah ini tidak memerlukan biaya dan tenaga yang banyak. Karena rukup dari keluarga sendiri untuk menanam tanaman maupun menatanya.

Taman Minimalis Dalam Rumah

desain taman minimalis dalam rumah
Sumber: fotorumahidaman.com

Sebuah taman yang berada didalam rumah biasanya rumah tersebut memiliki pencahayaan ruang yang bagus.

Selain itu terdapat tanaman-tanaman tertentu yang boleh ada pada taman minimalis dalam rumah tersebut. Seperti tanaman yang tidak cepat tumbuh dan merambat.

Taman dalam rumah juga biasanya diikitu dengan kolam kecil ikan sebagai pelengkap kecantikan.

Taman minimalis rumah secara langsung akan menambah kesan indah, cantik, dan kehangatan keluarga. Oleh karena itu anda dapat menjadikan gambar-gambar taman ini sebagai referensi untuk diterapkan dalam rumah anda.

Desain Taman Mungil

aneka desain taman minimalis
Sumber: rumahminimalisoi.com

Penerapan ide taman mungil ini adalah untuk rumah minimalis yang mempunyai sedikit celah ruang kosong.

Taman mungkin bisa kita buat dibagian lorong koridor dengan cara gantung ataupun menyamping.

Bisa tuga pada depan bagian luar jendela rumah. Sehingga nampak dari luar jendela rumahnya cantik. Jenis tanaman yang boleh ditanam pada taman ini adalah tanaman yang tidak bisa besar. Karena pada umumnya taman mungil ditanam didalam suatu pot.

Kita bisa memadukan taman mungil ini dengan interior lainya seperti banggu pot kayu, pot dinding maupun pot anak tannga.

Desain Taman Minimalis Depan Rumah

desain terbaru taman minimalis
Sumber: desainruma.com

Desain taman minimalis yang satu ini memiliki posisi tempat dibagian depan rumah.

Biasanya terdapat pada perumahan-perumahan yang didepatnya ada halaman kosong sedikit. Pada halaman tersebut anda dapat membuat taman minimalis seperti contoh pada gambar diatas.

Akan tetapi jika anda mempunyai ide atau gagasan untuk membuat desain  sendiri itu malah bagus. Karena bagaimanapun karya sendiri adalah karya yang terbaik.

Desain Taman Minimalis Dengan Kolam

desain taman minimalis dengan kolam
Sumber: gambarfurniturekeren.com

Pada judul sudah bahwa taman berikut ini adalah taman minimalis yang didalamnya juga terdapat sebuah kolam.

Rumah yang bisa dijadikan untuk membuat kolam dan taman minimalis adalah rumah yang mempunyai halaman cukup luas. Halaman luas tersebut dibutuhkan hanya untuk dijadikan kolam.

Sedangkan tamannya bisa kita tanam atau desain pada bagian sisi luar kolam. Namun jika tidak memiliki area yang luas, dapat kita siasati dengan membuat kolam akuarium.

Kolam akuarium ikan akan menambah unsur keindahan dan kecantikan dari taman minimalis anda.

Membuat Taman Minimalis Sendiri

desain taman minimalis dalam rumah
Sumber: gambarfurniturekeren.com

Setelah melihan contoh-contoh desain taman minimalis diatas dapat implementasikan dengan cara membuat taman minimalis sendiri. Mengingat karena ini adalah taman minimalis, jadi kita tidak bingung untuk membuatnya.

Membuat taman minimalis sendiri akan memiliki nilai kepuasan karena hasil dari taman yang kita buat adalah dari tangan-tangan kita sendiri.

Rasakan jika dalam mempuatnya itu tidak sesulit dengan apa yang dipikirkan dan bayangkan jika hasil yang dibuat memiliki karya seni yang mahal.

Ada beberapa pertimbagan yang harus diperhatikan ketika membuat taman minimalis sendiri, beberapa diantaranya adalah:

  1. Melihat Luas Lahan

Pertimbangan yang pertama adalah kita harus memperhatikan luas lahan. Jika rumah kita memiliki halaman cukup luas bisa maka bisa kita buat taman secara horizontal.

Sedangkan jika kita hanya memiliki halaman rumah yang sederhana,sempit. Maka dapat buat taman minimalis dengan cara vertikal

Bisa juga kita buat dengan cara taman minimalis dalam ruangan.

  1. Menentukan Desain Taman

Kedua kita harus mempertimbangkan desainya. Kita dapat memilih beberapa desain dari macam-macam contoh yang telah saya tuliskan di atas.

Selain itu kita harus berusaha untuk membuat desain unik sendiri sehingga hasilnya tidak akan kecewan dan kita merasa puas dengan desain sendiri.

  1. Memilih Tanaman Yang Bagus

Tanaman yang kita pilih untuk taman buatan sendiri adalah tanaman yang paling disukai oleh keluarga. Karena hal itu secara sikologi akan mempengaruhi nilai kesenangan, kepuasan, dan kenyamanan tersendiri.

Alangkah baiknya tanaman yang kita pilih adalah tanaman yang berbunga harus. Sehingga dari aroma bunga yang dikeluarkan dapat dijadikan sebagai aroma terapi.

  1. Menambah Beberapa Hiasan

Hiasan disini adalah sebuah asesoris yang digunakan untuk dijadikan pelengkap dalam membuat taman.

Asesoris hiasan ini biasanya adalah lampu, lukisan, meja, kursi dan geyongan, untuk dijadikan sebagai tempat santai kita.

Leave a Comment

%d bloggers like this: