Inilah Jenis Tanaman Hias Batang Yang Dapat Membuat Rumah Kamu Lebih Nyaman!!

Secara umum tanaman hias batang adalah beberapa jenis tanaman atau tumbuhan yang memiliki batang, yang memang sengaja ditanam sebagai komponen taman yang bertujuan memperindah, kebun rumah, atau untuk mempercantik ruangan saja.

Namun tanaman hias ini juga bisa dijadikan untuk penghias pakaian, atau sebagai bunga potong yang dirangkai dan dibuat dengan indah dan menarik bagi para yang melihatnya. misalnya untuk buket atau karangan bunga dll.

Contohnya kita bisa lihat biasanya di acara-acara nikahan banyak sekali desain dari tanaman hias batang yang indah dan menarik.

Ada banyak sekali jenis tanaman hias batang yang tumbuh dan berkembang biak di Indonesia ini, namun berdasarkan jenisnya tanaman hias sendiri jugta dibagi menjadi beberapa macam bagian. Diantaranya yaitu tanaman hias akar, bunga, daun, batang dan air.

Bahkan beberapa jenis tanaman hias tersebut juga bisa dijadikan untuk pewangi ruangan atau sebagai pengusir serangga atau nyamuk.

Jenis Tanaman Hias Batang dan Contohnya

Bambu Air

tanaman hias batang bambu

Tanaman hias bambu air adalah salah satu jenis tanaman hias batang yang hidup di daratan tetapi dengan genangan air. Bambu air ini juga dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya bambu air yang berwarna hijau dan bambu air belang hijau putih. Atau sering disebut juga dengan bambu air kuning.

Bambu air ini juga menjadi jenis tanaman hias batang yang cukup populer sekali dan sudah banyak orang yang membudidayakannya dan menanamnya di rumah mereka.

Tinggi tanaman pada bambu air ini hanya mencapai 3 meter saja, dengan batangnya yang berwarna hijau segar dan ukuran diameternya yang cukup kecil dibandingkan dengan jenis-jenis tanaman bambu lainnya.

Daun pada tanaman bambu air ini juga banyak keluar di antara sendi-sendinya, dan menyerupai seperti cincin coklat yang terdapat pada rongga batangnya.

Bambu air ini juga merupakan contoh tanaman hias batang yang banyak memiliki permintaan yang cukup banyak dari berbagai wilayah, oleh mereka para pecinta tanaman hias.

Apalagi konon katanya tanaman hias bambu air ini juga memiliki hoki yang bagus jika disimpan di dalam suatu rumah. Selain itu cara untuk menanam tanaman hias batang pada bambu air ini, juga sangatlah mudah dan tidak sulit untuk dilakukan.

Kamboja

Pengertian Tanaman hias batang untuk secara umum nya adalah jenis tanaman hias yang banyak memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri dalam tampilan nya, yang banyak dilihat dari bentuk atau warna batang pada tanaman tersebut.

Salah satu jenis tanaman hias batang yang begitu cantik dan banyak sekali dikagumi oleh orang adalah tanaman hias kamboja ini. Ada 2 jenis tanaman hias kamboja yaitu tanaman hias kamboja yang biasa dan tanaman hias kamboja jepang atau sering disebut dengan nama adenium.

Kaktus

Ada banyak sekali macam-macam dari tanaman hias batang yang bentuk batangnya sangat unik dan memiliki seni keindahan tersendiri. Salah satunya yaitu pada tanaman kaktus yang sudah sangat terkenal sebagai jenis tanaman yang berduri.

Tanaman hias kaktus adalah sejenis tanaman hias yang sering sekali ditanam atau diletakkan di pekarangan rumah, agar rumah terlihat lebih indah dan menarik.

Pada umumnya tanaman hias kaktus ini memang berukuran begitu kecil atau mini dan ditaruh di dalam pot yang kecil pula, selain untuk hiasan pada rumah, tanaman kaktus ini juga banyak atau sering digunakan sebagai souvenir di acara-acara resmi seperti acara pernikahan.

Tanaman kaktus ini juga sanggup hidup di daerah yang sangat kering, atau di lingkungan yang begitu panas dan memiliki sedikit air. Seperti yang dilansir pada cakmaman.com

Habitat asli dari tanaman hias kaktus yang satu ini memang banyak ditemukan di gurun pasir, sehingga karakteristiknya juga bisa disesuaikan dengan lingkungan tempat tanaman kaktus ini hidup. Karakteristik dari tanaman hias batang kaktus ini diantaranya adalah :

  1. Tanaman yang memiliki bentuk daun yang tajam dan dapat mengurangi jumlah penguapan.
  2. Memiliki jenis batang yang berlapis-lapis oleh lilin, yang berfungsi untuk mempertahankan kadar air pada kaktus ini.
  3. Batang kaktusnya juga tersusun dengan jaringan spon yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air.

Leave a Comment

%d bloggers like this: