Wisata Alam Pantai dan Gunung Tereksotis di Indonesia

Assalamu’alaikum. Hai sahabat oddav. Saya kali ini akan bercerita mengenai tips dan trik menikmati wisata alam. Tips wisata alam ini lain dari pada umumnya, jadi jangan sampai kamu tidak membanya sampai akhir. Karena ditengah tulisan merupakan bagian yang paling seru.

Baiklah, kita langsung saja simak bersama-sama ceritanya. O iya hanya menginformasikan, cerita ini merupakan pengalaman pribadi temen saya langsung loh.

Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Salah satu kekayaan diantaranya adalah dari kategori pariwisata.

Indonesia yang memiliki bentangan garis pantai yang luas. Menjadikan peluang besar yang banyak untuk dijadikan kawasan wisata alam pantai. Banyak kawasan pantai dan hutan mangrove yang dijadikan dan diolah menjadi kawasan wisata alam.

Sekilas Pandang Pantai Indonesia

WISATA ALAM

Para wisatawan pantai dari luar negeri sering sekali mengunjungi pantai yang memiliki karakteristik tertentu. Situs pariwisata ini paling banyak di sukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, ataupun para orang tua. Karakteristik tersebut diantaranya adalah:

  • Berpasir putih
  • Hamparan pantai yang luas
  • Durasi pasang surut yang lama
  • Memiliki gelombang yang sedang
  • Iklim yang tropis
  • Air yang jernih
  • Banyak biota air
  • Banyak water game
  1. Berpasir putih

situs pariwisata Gili Trawangan

Garis pantai Indonesia ada yang memiliki tekstur tanah pasir. Akan tetapi kebanyakan tanh pasir tersebut banyak ditemukan diperairan lepas atau perairan yang jangan sekali adanya nelayan ikan.

Contohnya jika disepanjang garis pantai pantura, memiliki tektur tanah yang dominan pasir hitam yang bercampur dengan lumpur.

Sedangkan para wisatasan sangat menyukai pantai yang berpasir, karena sangat nikmat untuk dijadikan berjemur dan bermain pasir pantai

  1. Gelombang air laut

banyu bening situs pariwisata

Gelombang air laut dapat menentukan kuantitas pengunjung pantai. Bermain air laut yang enak dan tidak berbahaya adalah disaat gelombang air laut yang sedang dan tidak tinggi.

Akan tetapi, bagi para peelancar. Gelombang air laut yang tinggi adalah hal yang paling dicari. Karena dapat meningkatkan kreatifitas keahliannya dalam menggunakan papan seluncur.

  1. Air laut dan Biota air

Berjemur dipantai, bermain pasir, rasanya kurang wao, apabila tidak menikmati keindahan biota bawah airnya.

Maka dari itulah banyak juga wisatawan yang hobi mengunjungi ke pantai untuk sekedar menikmati keindahan biota lautnya

Wisata Alam Pendakian Gunung

adventure

Situs pariwisata lain yang sering dijadikan talent oleh kalangan anak muda biasanya adalah mendaki gunung. Mendaki gunung merupakan situs pariwisata yang sangat menantang bagi para petualang.

Wisata alam Pendakian gunung juga dapat dijadikan tantangan untuk mengetes kemampuan fisik, dan keterampilan bertahan hidup.

Indonesia mempunyai banyak gunung yang dapat dijadikan sebagai jalur pendakian, baik gunung aktif maupun tidak aktif.

Di Pulau Jawa terdapat beberapa gunung yang menjadi situs pariwisata favorit pendakian gunung. Diantaranya seperti gunung merapi jogja, gunung selamet, gunung lawu, gunung kranji, gunung semeru atau gunung bromo.

Semua gunung-gunung tersebut memiliki tingkat kesulitan medan pendakian yang berbeda-beda. Berbagai medan tersebut dapat dijadikan suatu tantangan yang memang sangat menantang bagi jiwa pemuda.

Pengertian Mendaki Gunung

gunung pagi

Secara istilah, arti dari mendaki gunung adalah suatu aktifitas outdoor atai wisata alam yang sangat mengasyikkan. Karena hal terbebut dapat memacu adrenalin dan sangat menantang.

Beberapa kalangan yang hobi atau suka dengan mendaki gunung adalah para mahasiswa, pelajar, peneliti, dan masyarakat umum yang gemar dan cinta akan keindahan alam.

Untuk mendaki gunung diperlukan suatu persiapan yang matang, tidak cukup hanya dengan membawa bekal makanan, namun diperlukan juga suatu fisik yang prima. Oleh karena itulah banyak para pendaki sering melakukan aktifitas olehraga fisik, agar tubuhnya selalu prima.

Apabila seorang pendaki tidak memiliki tidak memiliki fisik yang yang prima dan mental yang tanggu, maka akan menjadi beban teman ketika pendakian, dan dapat menghambat perjalanan.

Berikut ini saya berikat beberapa tips pendakian gunung:

Baca: 17+ Tempat Wisata Hutan Mangrove Indonesia

  1. Riset Lokasi

Para pendaki khususnya di situs pariwisata gunung Indonesia. Sebelum melakukan pendakian wajib hukunya untuk terlebih dahulu melakukan riset lokasi. Reset lokasi ini mempunyai tujuan untuk melihat atau mengetahui dulu tempat dan jalur pendakian yang akan dilewati.

Selain itu juga riset lokasi juga dilakukan untuk dapat menentukan kelayakan pendakian. Apakah suatu gunung dapat dapat didaki ataukah belum bisa didaki karena suatu kejadian tertentu.

Kita dapat meriset lokasi gunung dengan berbagai cara. Diantaranya adalah dengan bertanya kepada teman yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut. Agar kita dapat mengatasi masalah-masalah yang berkemungkinan terjdi ketika melakukan pendakian.

  1. Olah raga dan Latihan fisik

Para calon pendaki gunung harus mempunyai stamina tubuh yang prima dan akal yang sehat. Karena didalam melakukan pendakian itu membutuhkan energi yang sangat banyak.

Karena itulah, kenapa setiap orang yang suka hobi mendaki gunung selalu melakukan aktifitas rutin olah raga dan latian fisik setiap minggu bahkan ada yang sehari sekali.

Beberapa jenis latihan yang bisa dijadikan latikan fisik mendaki gunung adalah seperti renang, pull up, push up, sit up, lari, angkat barbel, ataupun yang lainnya.

  1. Efektifitas Barang

Wajib hukumnya apabila seorang pendaki membawa suatu barang baik bekal makan ataupun yang lainnya. Namun dalam mempersiapan barang yang tepat untuk dibawa mendaki harus sangat bijak. Agar dapat memaksimalkan fungsi rangsel.

Beberapa barang yang dapat digunakan atau dibawa secara bijak untuk pendakian gunung diantaranya adalah pakaian seperlunya, minuman secukupnya, makanan pokok yang efisien,sleeping bag, jas hujan.

Apabila seorang pendaki tidak bisa menggunakan tas gunung dengan bijak maka akan mengalami kelebihan berat pada tas dan dapat menghambat perjalanan.

  1. Tenda dan Sleeping Bag

Barang lain yang harus disediakan untuk pendakian adalah sleeping bag dan tenda tidur. Kebutuhan tenda saat melakukan pendakian adalah suatu hal yang penting, karena dapat banyak manfaatnya seperti melindungi para pendaki dari cuaca ekstrim hujan, angin kencang, dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan tenda, sebaiknya carilah sebuah tenda yang dapat memuatn 6-8 orang agar dfapat menghemat atau mengefisiensikan barang bawaan.

Barang lainnya yaitu sleeping bag dapat berguna bagi sipendaki untuk menghangatkan tubuh diwaktu malam hari. Biasanya sleeping bag disertakan dengan sebuah matras. Matras ini bermanfaat untuk menahan rembesan air dari tanah agar tidak dapat masuk tubuh.

  1. Jaket Gunung

Sampai detik ini masih belum ada pendaki yang tidak menggunakan jaket diwaktu malam hari. Penggunakaan jaket ditentukan oleh cuaca atau iklim wilayah disekitar gunung.

Adapun jenis paket yang cocok untuk para pendaki adalah jaket yang anti air, jaket yang tahan udara, terbuat dari wol atau katun. Itu merupakan suatu bahan jaket yang cepat kering, hangat, dan nyaman dipakai.

  1. Jenis Ransel

Ransel gunung adalah sebuah tas khusus yang hanya digunakan untuk melakukan pendakian gunung. Pemilihan sebuah tas ransel gunung yang tepat akan membuat pendakian gunung lebih mudah.

Adapaun pemilihan tas untuk mendaki gunung adalah dengan menggukanan tas yang sesuai dengan ukuran tubuhnya, apabila memiliki tubuh yang kecil maka gunakan tas yang kecil. Jangan sampai berat tas dapat mengalahkan berat tubuh pendaki.

  1. Sepatu Gunung

Medan pendakian yang berat, penuh dengan batu, kerikil, pasir, air, tanah licin, akan menjadi rintangan para pendaki. Untuk mengatsi hal tersebut, para pendaki biasanya menggunakan sepatu khusus mendaki gunung atau yang biasanya disebut dengan sepatu hiking.

Sepatu gunung mempunyai beberapa manfaat seperti dapat melindungi kaki terhadan medan pendakian, dan berjalan dan melindungi dari hewan-hewan yang berbahaya. Sehingga kaki para pendaki dapat aman dan tidak terluka ketika melakukan pendakian.

  1. Alat Masak dan Makanan

Sedikit gambaran tentang makanan sudah saya jelaskan diatas. Disini bagi para pendaki alat memasak itu penting, yah karena pendaki juga mengalami kondisi yang lapar ditambah lagi dengan kondisi yang dingin itu akan meningkatkan sistem osmoregulasi pada tubuh pendaki yang akan menimbulkan rasa lapar.

Untuk mempersiapkan alat masak pendakian harus memiliki ukuran yang kecil dan tidak terlalu besar. Hal tersebut untuk menghemat dan mengefisiensikan ransel.

Begitu pula dengan makanan. Pilihlah makanan yang mempunyai serat, dan tidak memborokan ransel

  1. Perlengkapan P3K

Merupakan suatu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh setiap pendaki. Karena selama perjalanan tidak akan ada yang tahu apabila ditengah perjalanan ada masalah.

Karena itulah P3k diperlukan untuk jaga-jaga apabila ada yang sakit. P3K adalah sebuah obat seperti obat sakit kepala, obat masuk angin, dan sebagainya.

  1. Jas hujan

Jas hujan merupakan asesoris tambahan bagi setiap pendaki apabilah diperjalanan terjadi hujan.

Jas hujan ini bukan hanya dapat melindungi badan saja, namun dapat me;lindungi keseluruhan tubuh pendaki.

 

 

Leave a Comment